Jawa Pos

Payah jika Bonus Molor Lagi

MenporaMen­p Janji Cair 9 Juli

-

Selasa 30 Juni 2015

JAKARTAJAK­ART – Kementeria­n Pemuda dan Olahraga menjanjika­n bonus atlet peraih medali di SEAS Games XXVIII/2015 Singapura cair 9 Juli mendatang. Kalau hal tersebut bisa tereaterea­lisasi, pencairan bonus kali ini memperbmem­perbaiki rapor molornya bonus dalam dua terakhir.

PadaSEAPad­aSEA Games XXVII/2013 Myanmar dan Asian GamGames XVII/2014 Incheon, baru beberapa bulan ususai pertanding­an selesai atlet dan pelatih menerimam tali asih. Tak heran, banyaknyak yayang geram gara-gara masalah itu. Sama dengan SEA Games 2013, Menpora memmemberi­kan bonus Rp 200 juta untuk peraiperai­h emas, Rp 50 juta untuk perak, dan Rp 30 juta untuk perunggu. PPelatih pelatnas panahan Denny TTrisyanto mengatakan tak terlalu memikirkan bonus yang akan didapat. Sebab, sering kali besarannya tak sepadan dengan pengororba­nan yang dilakukan selama perpersiap­an. ’’Saya bahkan pernah menolaknol­ak bbonus di era Pak Adhayksa (Adhyaksasa Dault, Red) karena memang saya rasa tidak pas.pas Bonus berapa pun buat saya

Terserah pemerintah saja yang memmemberi­kan,’’ ucap Denny.

Pelatih asala Surabaya itu mengutamak­an pencairan untuk atletnya. Apabila memang benar bonusbo cair sebelum Lebaran, itu akan menmendoro­ng semangat para atlet untuk semakin berprestas­i.b

SementSeme­ntara itu, manajer tim bulu tangkis Indonesia di SEA Games XXVIII/2015 Lius Pongoh mengakum sudah melengkapi syarat berkas administra­siadm yang diminta pemerintah. Yakni, fotokopifo­t rekening dan NPWP.

Lius berusahabe­ru melengkapi berkas tersebut sejak Kamis (25/6). Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) memang sudah meminta soal kelengkapa­n berkas itu. Sebab, pekan ini, rencananya hal tersebut akan diproses. Jadi, bonus langsung diberikan awal Juli mendatang.

Semenatara itu, atlet ganda campuran pelatnas Praveen Jordan mengaku sudah mendengar kabar bonus diberikan dalam waktu dekat. Artinya, janji Menpora Imam Nahrawi saat penyambuta­n atlet di Bandara Soekarno-Hatta beberapa saat lalu bukan isapan jempol.

’’Saat itu Pak Menteri sendiri bilang sebelum Lebaran. Ya, doanya pasti bisa secepatnya diberikan. Lumayan untuk Lebaran dan

ke orang tua,’’ tutur pemain asal PB Djarum Kudus tersebut.

Di sisi lain, Deputi IV Bidang Peningkata­n Prestasi Olahraga Kemenpora Djoko Pekik Irianto membenarka­n bahwa proses kelengkapa­n syarat administra­si untuk pencairan bonus terus berjalan. Bahkan, menurut Djoko, persentase­nya sudah mencapai 75 persen.

’’Bonus pastinya diupayakan sebelum Lebaran. Syarat administra­si atlet untuk penyerahan nomor rekening masih kurang 25 orang. Lalu, untuk kelengkapa­n NPWP, yang belum setor 100 atlet,’’ sebut Djoko.

Djoko belum mau memerinci total dana dan total atlet plus pelatih yang menerima bonus. Sebab, khusus nama pelatih masih akan terus diperbaiki dan dibereskan maksimal pekan ini.

Satlak Prima melalui koordinato­r cabor sebenarnya sudah diminta melakukan verifikasi atlet yang memperoleh medali. Kemudian, oleh pihak Kemenpora, dipisahkan mana yang perorangan, pasangan, dan beregu. (dra/c17/nur)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? MENUNGGU CAIR: Agus Prayogo saat
berkompeti­si di nomor 1.000 meter SEA Games 2015. Dia mendapatka­n emas dan menunggu bonus
dari pemerintah.
multievent­mult
nggak kepikiran.kep
S P O R TA I N M E N T
ngasih
ANGGER BONDAN/JAWA POS MENUNGGU CAIR: Agus Prayogo saat berkompeti­si di nomor 1.000 meter SEA Games 2015. Dia mendapatka­n emas dan menunggu bonus dari pemerintah. multievent­mult nggak kepikiran.kep S P O R TA I N M E N T ngasih
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? SUKSES: Ricky Karandasuw­ardi (kiri) dan Angga Pratama meraih emas ganda putra SEA Games 2015. Bonus untuk mereka masing-masing Rp 200 juta.
ANGGER BONDAN/JAWA POS SUKSES: Ricky Karandasuw­ardi (kiri) dan Angga Pratama meraih emas ganda putra SEA Games 2015. Bonus untuk mereka masing-masing Rp 200 juta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia