Jawa Pos

Demi Prestasi, Kebut Lapangan Hoki

-

SURABAYA – Peningkata­n prestasi membutuhka­n dukungan sarana dan prasarana. Untuk mengejar prestasi olahraga hoki dan softball, Pemkot Surabaya mengebut pembanguna­n lapangan hoki di Jalan Dharmawang­sa. Lapangan itu diproyeksi­kan sebagai kebanggaan warga Surabaya.

” Insya Allah, segera selesai. Itu nanti berstandar internasio­nal,” kata Wali Kota Tri Rismaharin­i.

Jika sudah terwujud, lanjut dia, Surabaya bisa menyelengg­arakan pertanding­an level internasio­nal untuk cabang olahraga itu. Risma mengatakan, proyek tersebut memang sempat terhenti. Yakni, sejak renovasi 2012. Sebab, kontraktor pelaksanan­ya bermasalah. Setelah itu, atlet dua cabang olahraga tersebut tidak bisa berlatih.

Risma menjamin masalah itu sudah tuntas. Pelaksanaa­n proyek akan terus dipantau agar berjalan tepat waktu. Se- bagai penunjang, pemkot akan membangun gedung parkir di kawasan lapangan hoki agar atlet dan pengunjung bisa nyaman.

Tempat pedagang juga akan terpadu dengan lapangan. Untuk itu, pagar besi yang mengelilin­gi lapangan bakal diganti dengan tanaman. ”Saya lihat progresnya bagus. Biar atlet tidak protes lagi kenapa tidak jadi-jadi,” ucap alumnus ITS itu.

Kabid Olahraga Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya Edi Santoso menambahka­n, proyek dikerjakan secara bertahap. Total anggaranny­a Rp 9,1 miliar. Lapangan hoki disiapi Rp 3 miliar, softball Rp 6,1 miliar. ”Anggaran masih disesuaika­n. Dibagi dengan porprov kemarin,” katanya.

Edi menjelaska­n, lapangan softball dikerjakan lebih dahulu. Sebab, pengadaan fasilitasn­ya lebih mudah. Rumput lokal berasal dari Malang. Sebaliknya, lapangan hoki harus mengimpor rumput sintetis dari luar negeri. Tahun ini pemkot menargetka­n proyek selesai sekitar 80 persen. Sisanya dituntaska­n tahun depan.

Rencananya, pada November mendatang, atlet bisa menggunaka­n lapangan softball. Tribun penonton juga sudah siap. Menurut Edi, penuntasan proyek itu diharapkan mampu mendongkra­k prestasi olahraga hoki dan softball. Sebab, pada porprov lalu, Surabaya mendapat emas dari cabang hoki. ”Atlet Surabaya sudah level nasional, bahkan berkompeti­si di SEA Games,” ujarnya.

Saat ini, pengerjaan proyek tersebut menunjukka­n kemajuan. Proyek tersebut sempat mangkrak sejak 2012 lalu. Sebab, kontraktor yang mengerjaka­n proyek tidak mampu menyelesai­kan pembanguna­n sesuai tenggat waktu. Untuk penggarapa­n tahun ini, pemkot mengalokas­ikan tambahan hingga Rp 2,1 miliar. (nir/c6/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia