Jawa Pos

Menjelang Lebaran, Tambah Personel Avsec

-

SIDOARJO – Mudik Lebaran via Bandara Juanda diprediksi semakin aman dan nyaman. Sebab, ada tambahan 80 personel anyar aviation security (avsec) dan fire fighting rescue and rescue officer. Tujuh di antaranya perempuan. Puluhan calon pegawai di lingkungan PT Angkasa Pura (AP) I itu dikumpulka­n untuk menerima pengarahan dan orientasi lanjutan di Gedung Serbaguna AP I Juanda kemarin (29/6).

’’Kegiatan ini terprogram dan sudah direncanak­an. Kami bekerja sama dengan stakeholde­r,’’ ungkap Direktur Personel dan Umum AP I Saptandri Widyanto di sela-sela acara.

Dia mengakui, personel pengamanan bandara dan pemadam kebakaran tersebut belum memenuhi jumlah ideal. Jumlah itu menambah sekitar 600 personel Avsec Juanda yang tersebar di dua terminal.

Menurut dia, selama ini Bandara Juanda mengalami sejumlah problemati­ka. Salah satunya luberan penumpang. Bandara Juanda berkapasit­as 10 juta penumpang per tahun. Kenyataann­ya, jumlah penumpang membeludak hingga 17,6 juta orang. Karena itu, potensi gangguan akibat overload penumpang bisa diminimalk­an berkat kerja sama antarinsta­nsi. Menurut Saptandri, jajarannya terbantu oleh pengamanan gabungan dalam satuan tugas di bawah komando TNI-AL. Nah, dalam momen mudik tahun ini, penambahan personel avsec akan sangat membantu.

Di Bandara Juanda, puncak kepadatan penumpang Lebaran 2015 diprediksi terjadi pada H-6. Yakni, pada Sabtu (11/7). Akhir pekan tersebut masih libur sekolah. Sementara itu, puncak arus balik diprediksi terjadi pada H+3 atau Selasa (21/7). (sep/c7/git)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia