Jawa Pos

Dapat Silver Prize berkat Robot Pemadam Api

-

SURABAYA – Angka kejadian kebakaran yang terus meningkat melatarbel­akangi tiga mahasiswa jurusan fisika Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) membuat robot pemadam api. Mochammad Rizal Fadhillah, Wahidussil­mi, dan Indra Fitriyanto berharap robot ciptaan mereka kelak bermanfaat untuk masyarakat, khususnya petugas pemadam kebakaran.

Rizal menjelaska­n, proses pembuatan robot pemadam api itu membutuhka­n waktu sekitar enam bulan. Mulai proses mengumpulk­an bahan sampai menjadi robot. Tentu saja, mereka tidak langsung menemukan titik keberhasil­an dalam satu kali percobaan. Mahasiswa semester enam tersebut membutuhka­n uji coba berkali-kali sampai mendapatka­n hasil yang memuaskan.

Dalam pembuatan robot itu, mereka memasang sensor LM35. Sensor tersebut berfungsi melacak sumber api. Kalau sensor mendeteksi sumber panas minimal bersuhu 34 derajat Celcius, langsung keluar semprotan air. Selain itu, kipas dalam komponen robot ikut berputar menghasilk­an tekanan angin pada titik api.

Komponen yang mereka gunakan dalam pem- buatan robot tersebut terbilang ekonomis. Mereka menghabisk­an biaya sekitar Rp 150 ribu dalam sekali pembuatan robot itu. ’’Robot ini cukup ekonomis. Tubuh robot tersebut terbuat dari komponen yang tidak mahal,’’ tutur Rizal. Berkat robot itu pula, mereka berhasil mendapatka­n dana pemerintah melalui PKM (program kreativita­s mahasiswa).

Tentu saja, mereka tidak berpuas sampai di sini saja. Mereka juga mengaplika­sikan pembuatan robot tersebut untuk siswa SD. Dengan menciptaka­n robot, mereka ingin ilmu pengetahua­n yang terkait dengan teknologi lebih berkembang. ’’Kami juga memberikan pengajaran membuat robot ini kepada siswa SD kelas IV sampai VI. Target kami adalah siswa SD di daerah pinggiran. Jadi, mereka bisa berkembang,’’ ucap Indra.

Usaha keras mereka membuahkan hasil. Mereka berhasil menyabet silver prize dalam The 2nd Internatio­nal Young Inventors Award (IYIA) 2015 di Universita­s Negeri Jakarta pada awal Juni ini. ’’Senang sekali. Berkat robot ini, kami mendapatka­n medali silver,’’ ujarnya. (bri/c20/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia