Jawa Pos

Baru Separo Ramadan, 255 Penjahat Ditahan

-

GRESIK – Kapolres AKBP Ady Wibowo menatap wajah Aris Mujianto. Mata dan pelipis pemuda 26 tahun itu masih tampak biru. Dia menjadi sasaran gempuran bogem warga saat menggarong tiga rumah yang ditinggal Tarawih pemiliknya. Beruntung, nyawanya selamat.

Nasib apes itu dialami Aris Minggu malam (28/6). Aris sudah ’’menggaamba­r’’ sasarannya. Pada pukul 18.30, pemuda asal Sememi Jaya, Surabaya, itu beraksi di Perumahan Nirwana, Cerme Lor, yang sedang sepi. Penghuniny­a Tarawih. ’’Dua rumah yang saya congkel jendelanya,’’ ujar Aris. Dari dua rumah itu, dia menggondol

dan uang. Sasaran ketiga, Perumahan Cerme Indah, Desa Betiting. Sekitar pukul 19.20, Aris mencongkel pintu rumah Iing Jenudin. Di sana, pencuri tersebut menggasak

dan uang Rp 1 juta. Namun, kali ini dia celaka. Aris tepergok warga. Dia tidak sempat kabur karena waktu itu warga mulai berdatanga­n selesai Tarawih. Massa pun bertindak. Aris dibogem. Babak belur wajah dan tubuhnya. Beruntung, polisi segera datang dan menyelamat­kan nyawa pemuda kerempeng dan berkulit gelap itu. ’’Dia mmang spesialis rumah kosong. Satu jam bisa tiga TKP,’’ ujar polisi.

Kemarin Aris dijejer bersama ratusan tersangka penjahat tangkapan selama Ramadan atau Operasi Pekat Semeru. Total ada 221 kasus yang melibatkan 255 pelaku.

Kapolres Gresik AKBP Ady Wibowo menyatakan, hasil ungkap kasus itu menunjukka­n angka kriminalit­as di Gresik meningkat bulan ini.

’’Bulan suci Ramadan hampir separo. Kebutuhan masyarakat semakin tinggi. Tingkat kejahatan biasanya semakin meningkat,’’ ujar mantan Kapolres Bojonegoro tersebut. Perwira dengan dua melati di pundak itu mengulangi hingga empat kali agar anggotanya benar-benar siap.

’’Jangan sampai ada lagi orang yang berbuat jahat untuk mencari THR,’’ tegasnya didampingi Kasatreskr­im AKP Iwan Hari Poerwanto kemarin. (yad/c17/roz)

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? SAKIT YA: AKBP Ady Wibowo berbicara dengan Aris Mujianto di halaman Mapolres Gresik kemarin.
handphone
handphone
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS SAKIT YA: AKBP Ady Wibowo berbicara dengan Aris Mujianto di halaman Mapolres Gresik kemarin. handphone handphone

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia