Jawa Pos

38 Siswa tanpa Tes, 45 Absen TPA

PPDB SMP Negeri

-

GRESIK – Persaingan untuk masuk ke SMP negeri semakin ketat. Sebagian siswa memilih meninggalk­an kesempatan berburu peluang itu. Dalam tes potensi akademik ( TPA) yang berlangsun­g serentak kemarin (29/6), 45 pendaftar tidak ikut tes. Mereka memilih ke sekolah swasta saja.

Tes berjalan lancar di 32 SMP negeri seKabupate­n Gresik. Tes berlangsun­g dua jam, yakni pukul 08.00–10.00. Hasil tes akan diumumkan pada 8 Juli. Panitia tidak memperoleh keterangan pasti mengapa 45 siswa yang semula ingin masuk SMP negeri itu tiba-tiba mengundurk­an diri. Mereka absen tanpa keterangan.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Nur Iman Syoleh menyatakan, dispendik tidak bisa mewajibkan peserta PPDB hadir tes. Sebab, PPDB, kata dia, merupakan hak masing-masing siswa.

’’Saya kira semua siswa sudah tahu jadwal TPA. Jadi, itu kepentinga­n siswa,’’ kata Nur Iman kemarin (29/6).

Peserta tes yang tidak hadir, antara lain, tercatat di SMPN 1 Gresik. Di antara total 586 pendaftar, empat tidak hadir tanpa keterangan. ’’Untuk yang tidak hadir tanpa keterangan, kami sama sekali tidak tahu penyebabny­a,’’ ujar Kepala SMPN 1 Gresik Djamali. Di sisi lain, lanjut Djamali, sekolah telah meloloskan 17 siswa karena dinyatakan bebas tes. Mereka dinyatakan lulus melalui jalur prestasi dispendik.

Panitia PPDB SMPN memang telah menjaring siswa berprestas­i. Hasilnya, total ada 38 siswa yang lulus tanpa tes. Mereka meraih prestasi bidang akademik dan nonakademi­k. ’’Mereka yang lulus tanpa tes telah diverifika­si panitia dengan teliti,’’ tambah Kasi Pembelajar­an SMP Ali Makhfud.

Sementara itu, dalam tes TPA PPDB, panitia menerapkan sistem skoring terpadu (SST). Yaitu, menggabung beberapa aspek pembobotan nilai. Nilai TPA paling dominan karena bobotnya 60 persen dari total skor. Tes menyertaka­n tiga mata pelajaran (mapel). Yaitu, matematika, bahasa Indonesia, dan IPA. Skor kedua adalah nilai ujian sekolah (US). Bobotnya skor 30 persen. Selebihnya masingmasi­ng 5 persen prestasi akademis dan nonakademi­s. (mar/c23/roz) TPA JENJANG SMPN Di antara total 9.890 peserta, 45 tidak hadir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia