Jawa Pos

Asrama Kampus Sumpek, Mending Tidur di GOR

-

WUHAN – Gedung olahraga (GOR) Youming milik Central China Normal University (CCNU) di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, dipenuhi mahasiswa. Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai lebih dari seribu orang. Mereka bukan akan bertanding, melainkan numpang tidur dan mendingink­an diri. Sebab, saat ini cuaca di Tiongkok tengah panas-panasnya.

Setiap tahun saat musim panas, gedung olahraga yang dilengkapi pendingin di berbagai sudut itu memang dibuka untuk para mahasiswa yang tinggal di asrama kampus. Biasanya, sejak sore mahasiswa berdatanga­n dengan membawa kasur masing-masing, buku, serta keperluan lainnya. Mahasiswa putra dan putri dipisah di sisi yang berbeda. Pukul 22.00 waktu setempat, gedung tersebut sudah penuh dengan kasur dan para mahasiswa yang berbaring.

Bukan tanpa alasan gedung olahraga itu beralih fungsi sebagai tempat tidur. Itu disebabkan kamar mahasiwa tidak memiliki pendingin ruangan. Padahal, satu kamar diisi empat mahasiswa lengkap dengan seluruh buku dan perlengkap­an lainnya. Cuaca yang panas dan kamar yang penuh sesak membuat sebagian besar mahasiwa tidak tahan. ’’Ruang asrama mahasiswa begitu panas. Jika tetap tinggal di ruang tersebut, saya mungkin akan mati karena kekurangan udara,’’ ujar salah seorang mahasiswa.

Youming dibuka untuk para mahasiswa sejak musim panas 2013. Pada tahun-tahun sebelumnya, gedung tersebut benar-benar penuh sehingga ada mahasiswa yang tidur di luar ruangan. Mereka berharap bisa mendapatka­n udara dingin melalui celah-celah pintu dan jendela. Rencananya, pada 20 Juli pihak kampus akan memasang AC di sebagian asrama. (Shanghaiis­t/sha/c20/ami)

 ?? SHANGHAIIS­T ?? YANG PENTING ADEM: Daripada kepanasan di asrama, sekitar seribu mahasiswa di Wuhan, Tiongkok, memilih tidur di gedung olahraga milik kampus.
SHANGHAIIS­T YANG PENTING ADEM: Daripada kepanasan di asrama, sekitar seribu mahasiswa di Wuhan, Tiongkok, memilih tidur di gedung olahraga milik kampus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia