Jawa Pos

Jimly Rasakan Daerah Sudah Kondusif

-

JAKARTA – Ketua Dewan Kehormatan Penyelengg­ara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqi­e mengaku optimistis pelaksanaa­n pemilihan umum kepala daerah (pilkada) akan berjalan lancar dan aman. Pasalnya, berdasar kunjungan ke sejumlah daerah yang dilakukan dalam beberapa waktu terakhir, suasana kondusif terasa begitu kuat.

”Saya sudah keliling Indonesia dalam acara sosialisas­i (kode etik pemilu, Red). Saya punya kesan pilkada ini lancar. Insya Allah tidak seperti yang dikhawatir­kan. Pilkada ini tidak lebih berat dari pemilu kemarin (Pemilu 2014),” jelas Jimly pada pertemuan tripartit DKPP, Bawaslu, dan KPU kemarin (1/7).

Menurut Jimly, memang secara teori pilkada langsung lebih rentan terhadap munculnya potensi konflik. Sebab, hubungan emosional antara calon dan pendukung lebih dekat. Tapi, tegas dia, pandangan tersebut hanyalah sebuah teori, bukan praktik di lapangan. ”Jadi, dalam praktiknya itu tidak seseram yang dibayangka­n. Meski begitu, keamanan juga tidak boleh dianggap enteng. Harus tetap ditingkatk­an,” tutur mantan ketua MK tersebut.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan nota kesepahama­n dengan Polri. Dia yakin pihak kepolisian sudah memiliki pemetaan terhadap potensi masalah. Husni pun berpendapa­t bahwa potensi konflik mungkin saja terjadi, baik ada maupun tidak ada pilkada. ”Yang menjadi tanggung jawab kami adalah bagaimana agar penyelengg­ara pemilu tidak menjadi sumber konflik,” ujar Husni. (gir/JPNN/bay/c9/fat)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia