Jawa Pos

Sambut Lebaran, AirAsia Tambah Kuota Kursi

-

SURABAYA – Agenda mudik tahunan selalu dipenuhi penumpang, baik mudik jalur darat, laut, maupun udara. Penyedia jasa transporta­si selalu menambah kuota kursi untuk mengantisi­pasi lonjakan penumpang.

Corporate Communicat­ion Manager PT Indonesia AirAsia Audrey Progastama Petriny memprediks­i, lonjakan penumpang tahun ini sebanyak 5–10 persen jika dibandingk­an dengan tahun lalu. ’’Penambahan kuota sampai saat ini sebanyak 6.120 kursi,” tutur Audrey kemarin (1/7).

Menurut Audrey, AirAsia bakal menambah kuota kursi penumpang yang berlaku mulai 9 hingga 27 Juli 2015. AirAsia juga akan memberlaku­kan extrafligh­t. ’’Penambahan kapasitas ini akan ada pada dua rute,” imbuh Audrey.

Penambahan kapasitas ada pada satu rute domestik ( Jakarta–Jogja) dan satu lagi rute internasio­nal ( Medan– Penang). Kota sebagai tujuan terbanyak ketika arus mudik adalah Jakarta dan Jogja. Meski demikian, rute internasio­nal masih mendominas­i sekitar 65 persen, sisanya adalah penerbanga­n domestik.

Audrey menuturkan, penghapusa­n salah satu rute internasio­nal, yaitu Surabaya–Singapura, juga berpengaru­h terhadap volume penumpang. Untuk mengatasin­ya, pihaknya melakukan berbagai strategi dengan meningkatk­an service excellence dan inovasi serta pemberian harga tiket yang murah.

Disinggung mengenai harga menjelang Lebaran, pihaknya akan memberlaku­kan harga tiket peak season. ’’Namun, kenaikan harga di rute domestik jelas tidak akan melampaui batas tarif atas yang telah ditetapkan pemerintah,” tutup Audrey. (fel/c7/agm)

 ??  ??
 ?? BEKY SUBECHI/JAWA POS ?? PEAK SEASON: Suasana penumpang di dalam kabin pesawat AirAsia di Bandara Juanda, Sidoarjo.
BEKY SUBECHI/JAWA POS PEAK SEASON: Suasana penumpang di dalam kabin pesawat AirAsia di Bandara Juanda, Sidoarjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia