Jawa Pos

Bank Bidik Transaksi Nontunai

-

JAKARTA – Perbankan terus membidik pertumbuha­n penggunaan nontunai. Head of Card and Merchant Business Consumer Banking CIMB Niaga Bambang Adi Karsono mengungkap­kan bahwa pihaknya membidik penambahan nominal transaksi kartu kredit maupun debit sebesar 5–12 persen, khususnya pada momen Ramadan dan Lebaran tahun ini.

’’Nilai transaksi kartu kredit perseroan per bulan biasa sekitar Rp 1,5 triliun dan debit Rp 300 miliar,’’ ujarnya di Jakarta kemarin (1/7). Pihaknya kini juga tengah menawarkan berbagai program untuk menggenjot volume transaksi kartu yang dimiliki perseroan.

Program yang baru diluncurka­n adalah layanan pembelian tiket online kereta api melalui Situs Kartu CIMB Niaga. Karena itu, pihaknya juga mengganden­g PT KAI dalam kerja sama tersebut.

Bambang menjelaska­n, beberapa sektor menyumbang transaksi kartu kredit. Di antaranya, fashion, groceries, travel, dan kesehatan. Selama Lebaran ini, perseroan memproyeks­ikan penambahan 5–12 persen untuk nominal transaksi kartu kredit. ’’Selain itu, dari sisi kartu debit, akan ada kisaran penambahan yang sama,’’ tutur Bambang.

Menurut dia, perseroan juga meluncurka­n situs kartu untuk bertransak­si tersebut. Tujuannya, mendukung peningkata­n e-commerce. ’’Saat ini transaksi e-commerce sekitar 8 persen terhadap total nominal transaksi kartu kredit CIMB Niaga,’’ papar dia.

Mengenai kredit, sebelumnya perseroan menargetka­n jumlah transaksi kartu kredit mencapai Rp 22 triliun pada akhir 2015. Sampai April lalu, nominal transaksi kartu kredit CIMB Niaga sekitar Rp 7 triliun. (dee/c14/agm)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia