Jawa Pos

Komitmen Jadi Penentu

-

KETIKA dibebaskan memilih negara penugasan setelah dari Pakistan, Brandon Possin langsung memilih Indonesia. Pertimbang­an utamanya karena melihat demokratis­asi berkembang di negeri kepulauan ini. Dan, sosok yang kini menjabat political/economic section chief Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya itu makin gembira melihat semangat dan sikap friendly warga Indonesia.

Possin mengapresi­asi upaya yang telah dilakukan pemerintah kabupaten/kota di Jawa Timur, khususnya daerah-daerah binaan Kinerja. Tidak hanya adanya perbaikan pelayanan publik, kebutuhan masyarakat juga telah direspons pemerintah­nya.

Dia melihat keberhasil­an pemerintah kabupaten/kota tersebut tidak terlepas dari semangat mereka untuk berinovasi dan mau saling belajar. ”Saya berharap Jawa Timur bisa sejajar atau bahkan melampaui Jakarta ke depannya,” ungkap diplomat asal Madison, Wisconsin, itu dalam sambutanny­a di lokakarya penutupan program Kinerja-USAID di Jawa Timur di Hotel Marriott, Surabaya, Selasa (30/6).

Luthfi Azhari, team leader Democracy, Rights, and Governance Developmen­t Objective USAID menyampaik­an bahwa bantuan bagi pemerintah kabupaten/kota di Jatim bukanlah hal baru. Sebelum Kinerja, USAID meluncurka­n dua program lain di Jawa Timur: Perform dan LGSP (Local Governance Support Project). Bidang geraknya mendukung perencanaa­n dan penganggar­an di pemda. Luthfi juga menyebutka­n tujuan bantuan itu dikucurkan. ”Pemerintah Amerika Serikat ingin membantu konsolidas­i demokrasi di Indonesia,” kata pejabat USAID asal Bojonegoro tersebut di podium.

Sejalan dengan pengakuan para pelaku inovasi, Luthfi juga mengakui bahwa keberhasil­an program Kinerja di Jatim tidak terlepas dari komitmen yang tinggi para penyelengg­ara program. Itu, bisa jadi, berpengaru­h terhadap penetapan lokasi program USAID ke depan. Sebelumnya, penentuan program USAID ditentukan berdasar sektor mana yang butuh dibantu dan potensi di masa yang akan datang.

”Ke depan, kita belum tahu daerah mana lokasi program USAID. Tetapi, USAID tetap membantu pemerintah kabupaten/kota di Jawa Timur,” tandas alumnus Fakultas Ilmu Administra­si Jurusan Niaga Universita­s Brawijaya tersebut. (novi/www.jpip.or.id)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia