Jawa Pos

Hack Your Takjil Sales

-

Meski dianggap sebagai takjil yang kurang sehat, masyarakat Indonesia tuh ngerasa kurang afdol kalau berbuka puasa tanpa gorengan. Oleh karena itulah, gorengan selalu diminati, Pokoknya, kamu jangan sekali-sekali berbuat curang ya. Sajikan gorengan yang higienis. Tepung (1kg) = Rp 8.000 Minyak goreng = Rp 11.500 Sayur-sayuran = Rp 10.000 Bahan-bahan lain = Rp 10.000 Satu buah gorengan bisa dijual dengan harga Rp 2.000 Jika daganganmu kamu akan menghasilk­an Rp 70.000 Tuh kan, dengan modal sebesar itu, keuntungan yang didapat lebih dari setengah modal awal. Ini baru 35 gorengan loh. Bayangin aja jika kamu mampu menjual lebih banyak atau menggunaka­n bahan-bahan dengan harga yang lebih hemat.

JUALAN pasti kadang laku, tapi kadang sepi pengunjung. Termasuk saat jualan takjil pada Ramadan. Meski berjualan menguntung­kan, kadang ada aja masalah yang bikin keuntungan berkurang. Nah, berdasar cerita responDet, Det punya tip buat ngatasin kesulitan yang mungkin kamu temuin saat berjualan takjil nih.

(giv/c14/rat)

Keadaan sepi pembeli emang salah satu musuh terbesar pedagang. Apalagi para perintis usaha berjualan takjil. Biasanya sih karena pemilihan tempat atau waktu berjualan yang kurang tepat. Solusinya, manfaatin waktu-waktu sibuk ( jelang berbuka di titik-titik kemacetan. Yap, bagi pedagang takjil, macet itu menguntung­kan! Sebab, pengendara berjalan lebih pelan atau bahkan berhenti dan bisa melihat daganganmu.

Eits, berjualan di tempat ramai juga bikin masalah baru loh. Apalagi kalau bukan masalah sama kompetitor. Biar nggak kalah, produk bisa jadi salah satu trik jitu nih. Coba deh, lebih

mana nama es melon atau es mental (melon kental)? Atau kolak dan kolding (kolak dingin)? Trik bikin nama

nyeleneh udah sering dimanfaati­n berbagai pengusaha dan terbukti laris loh! Selain itu, bikin mu lebih kece biar banyak yang mengupload ke Promosi gratis!

Terlalu laris juga bikin masalah sendiri nih. Gimana enggak, dalam setengah jam jelang buka, kamu harus melayani puluhan orang dengan berbagai pesanan. Bisa-bisa pesanan tertukar. Daripada sendiri, mending manfaatin sistem yang lebih efektif seperti metode semiswalay­an. Siapkan rak atau wadah untuk tiap jenis dagangan dan pasang harga di tiap wadah. Jadi, kamu tinggal menghitung total harga. Pembeli puas, kamu nggak capek, semua senang! persen responDet lebih memilih berjualan takjil di pinggir jalan.

Cowok

11–13 tahun

14–16 tahun

17–19 tahun

Cewek

SMA

Surabaya

SMP

ResponDet polling terdiri atas

Jakarta Metode polling: Cluster random sampling, closed question Toleransi: 4,5% Instrumen: Open closed question

 ?? MODEL: TYANANDA - FOTO: DIKA/DETEKSI - ILUSTRASI:
RAGA/SONNY/RAMA ?? this out!
Check
MODEL: TYANANDA - FOTO: DIKA/DETEKSI - ILUSTRASI: RAGA/SONNY/RAMA this out! Check
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia