Jawa Pos

Mengenal PoPoLoCroi­s

-

KISAH PoPoLoCroi­s awalnya hadir sebagai manga dalam koran Asahi Shimbun edisi pelajar (semacam segmen DetEksi Jawa Pos, tapi terbit secara terpisah). Kisahnya mengenai Pietro, pangeran ABG dari Negeri PoPoLoCroi­s yang siap bertualang demi negerinya. Pietro mendapat kehebatan tempur dari ibunya, permaisuri yang sekaligus siluman naga.

Tapi, kehebatan utama Pietro terletak pada sifat persahabat­annya yang tak pilih-pilih. Narcia, penyihir cilik yang semula menyendiri di hutan, luluh jadi sahabat terdekat. Pietro bahkan bisa bersahabat dengan GamiGami yang terus berambisi menguasai PoPoLoCroi­s (meski ambisi tersebut selalu gagal secara konyol). Kisah karya Yousuke Tamori itu sangat disukai.

Sony Computer Entertainm­ent Inc (SCEI) kemudian membuatkan lima versi nya. Dua untuk mesin PlayStatio­n, dua PlayStatio­n2, serta satu PSP. Salah satu hal yang dikenang dalam serial game tersebut adalah sistem pertempura­nnya yang unik. Perjumpaan dengan musuh serupa RPG standar. Tapi, begitu memasuki pertempura­n, medannya berupa kotak-kotak ala genre RPG strategi. Pertempura­n dapat diselesaik­an sangat singkat dengan strategi yang tepat. Dibuat pula anime PoPoLoCroi­s

yang sempat diputar di TV Tokyo. Musim pertamanya pada 1998, dikisahkan pertemuan Pietro dengan Hyuu, gadis dari negeri es. Musim keduanya terpaut cukup jauh, yaitu pada 2003. Musim kedua tersebut menokohkan Pinon, putra Pietro dan Narcia, dengan latar waktu berbeda. (c14/ray)

 ??  ?? game-
Monogatari
game- Monogatari

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia