Jawa Pos

Gung Ho Merengkuh Super Mario Bros

-

DENGAN pendekatan yang tepat, video game bisa jadi lahan bisnis yang subur bagi pendatang baru. Salah satu yang mengalamin­ya adalah Gung Ho Online Entertainm­ent. Perusahaan bermarkas di Tokyo itu memulai kiprahnya sebagai provider sejumlah online game, termasuk Ragnarok Online, untuk wilayah Jepang. Berbagai online game yang mereka tangani datang dan pergi. Tapi, Ragnarok Online tetap ramai sejak 2001 hingga sekarang. Dari satu game itu saja, pundi Gung Ho menggelemb­ung.

Bisnis utama Gung Ho tetap jadi provider online game. Tapi, mereka jadi punya dana untuk berinvesta­si pada bidang-bidang lain. Mereka membeli lisensi dari Gravity, pemilik Ragnarok Online dari Korea Selatan, untuk membuat aneka game berikon Ragnarok Online. Karena itu, lahirlah Ragnarok DS untuk mesin portabel Nintendo DS, Ragnarok Tactics untuk PSP, serta Ragnarok Odyssey untuk PlayStatio­n3 dan PS Vita. Hasilnya lumayan, tapi tak senyaman jika punya ikon sendiri.

Gung Ho pun menciptaka­n Puzzle & Dragons yang dirilis untuk piranti iOS dan Android. Konsep permainann­ya adalah menempatka­n tiga biji segaris ala Columns, Line Pop, Candy Crush, dan lain-lain. Bedanya, aksi puzzle tersebut memicu aksi aneka naga yang saling bertarung. Jadi mirip dengan game klasik Super Puzzle Fighter II yang dulu menampilka­n karakter dari serial Street Fighter II dan serial Vampire. Puzzle & Dragons sukses dan Gung Ho tak harus berbagi keuntungan dengan pemilik ikon.

Tapi, tak ada salahnya untuk menambah penghasila­n lebih lanjut. Gung Ho kemudian membeli lisensi dari Nintendo untuk menggunaka­n ikon Dari situ, dibuatlah Bros Edition yang belum lama ini dirilis untuk mesin portabel Nintendo 3DS. Dalam game tersebut, para naga digantikan Mario, Luigi, rekan-rekan mereka, berikut para antagonisn­ya. Di layar bawah, pemain bisa menjalanka­n dengan stylus, sedangkan di layar atas para karakter Super Mario Bros beraksi.

Di satu sisi, para penggemar Mario bisa merasakan kembali sensasi mirip game klasik Di sisi lain, Gung Ho bisa memperkena­lkan serial game- nya kepada para pengguna mesin yang bukan ponsel ataupun tablet. (c22/ray)

 ??  ?? KLASIK: Konsep puzzle tiga segaris kembali diterapkan.
Super Mario Bros. Puzzle & Dragons: Super Mario
puzzle
Dr. Mario.
game
MARIO DAN KAWANKAWAN: Menggantik­an peran para naga Puzzle
& Dragons.
KLASIK: Konsep puzzle tiga segaris kembali diterapkan. Super Mario Bros. Puzzle & Dragons: Super Mario puzzle Dr. Mario. game MARIO DAN KAWANKAWAN: Menggantik­an peran para naga Puzzle & Dragons.
 ?? GUNG HOROSTRUD ??
GUNG HOROSTRUD

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia