Jawa Pos

Basket Coret Enam Pemain Putra

-

SURABAYA – Pengprov Perbasi Jatim mencoret enam pemain dari tim puslatda proyeksi PON 2016. Mereka adalah Rico Pratama, Bayu Armanditto, Wahyudi Yunarto (ketiganya dari CLS), Oki Indra Hidayat (UPH), Teguh Kurniawan (Jember), dan Yosef (NSH).

Pencoretan tersebut membuat jumlah pemain di puslatda mengerucut menjadi 18 nama. Head coach Jatim Wellyanto Pribadi menyatakan telah mengetahui kemampuan pemain berdasar latihan yang digelar. Penilaian pun dititikber­atkan pada kemampuan kerja sama pemain.

’’Sebelumnya kami membagi pemain seleksi ke dalam beberapa tim untuk melihat kerja sama antar pemain. Dari situ kami melihat apakah tiap pemain mampu bekerja sama dan mengimbang­i permainan pemain lain,’’ katanya.

Welly menambahka­n, pencoretan mempertimb­angkan komposisi small man dan big man di dalam tim. Menurut dia, jumlah yang ada saat ini seimbang. Harapannya, pada seleksi selanjutny­a, tingkat persaingan di dalam tim terjaga. Hal itu memaksa pemain matimatian mempertaha­nkan posisi agar tetap berada di dalam tim.

Welly tidak akan menerapkan sistem serupa dalam melakukan pencoretan pemain selanjutny­a. Pada pemusatan latihan 3–10 Juli, tim puslatda bakal menjajal lawan tangguh. Yakni, tim yang berlaga di NBL musim lalu, Pacific Caesar.

’’ Scrimmage game itulah yang nanti menjadi dasar seleksi lanjutan. Akan ada dua pemain yang dicoret pada seleksi selanjutny­a,’’ ungkap Welly. Bukan tidak mungkin pemain yang dicoret bertambah. Apalagi, pelaksanaa­n Pra-PON semakin dekat. Semakin sedikit pemain seleksi akan membuat pemantauan lebih maksimal.

Sementara itu, Binpres Perbasi Jatim Koeswandon­o menyatakan bahwa pemain yang tercoret bukan berarti tidak berkualita­s. ’’Untuk saat ini, pemain yang dicoret belum bisa mengimbang­i permainan pemain lain. Pintu kesempatan untuk membela Jatim tidak tertutup di masa yang akan datang,’’ ujarnya. (rif/c19/ca)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia