Jawa Pos

Siapkan Sniper untuk Tindak Bajing Loncat

Polisi Rayakan HUT Ke-69

-

SURABAYA – Kemarin ( 1/ 7) adalah hari yang membahagia­kan bagi Kepolisian Negara Republik Indonesia. Korps seragam cokelat itu memperinga­ti hari ulang tahun ( HUT) ke-69. Bagi Polda Jatim, hari jadi kemarin digunakan sebagai momentum untuk semakin meningkatk­an profesiona­lisme. Salah satu tugas berat yang akan dihadapi adalah pengamanan arus mudik tahun ini

INSPEKSI BARISAN: Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf (dua dari kiri) memeriksa pasukan peserta upacara peringatan HUT Ke-69 Bhayangkar­a di Mapolda Jatim kemarin.

Hal tersebut disampaika­n Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf setelah memimpin apel pasukan di halaman mapolda kemarin.

Anas berharap jajarannya bisa menjadi lebih baik daripada tahun sebelumnya. ’’Kami berharap agar bisa lebih meningkatk­an profesiona­lisme,’’ terang Anas.

Selama ini, polisi jelas disorot masyarakat. Mereka tidak ingin ada tudingan negatif yang melekat. Misalnya, citra buruk karena pelanggara­n oleh oknum polisi. Anas berharap hal itu bisa ditekan. ’’Ke depan, pelanggara­n anggota bisa berkurang dan bisa meningkatk­an disiplin dalam bekerja,’’ tambah jenderal bintang dua tersebut.

Sebelumnya, sebagai rangkaian peringatan HUT Bhayang- kara, Polda Jatim beserta jajaran juga mengadakan berbagai macam kegiatan. Di antaranya, bakti kesehatan berupa operasi katarak, fogging, donor darah, dan khitanan masal. Selain itu, ada bakti kesehatan seperti penanaman bibit pohon.

Ujian untuk profesiona­lisme tersebut datang dalam waktu dekat. Yakni, pengamanan arus mudik 2015. Polisi ditantang untuk bisa menjaga kelancaran jalan dan mencegah tindak kejahatan selama Lebaran. Terkait dengan hal itu, Polda Jatim sudah mengambil ancang-ancang. ’’ Tanggal 9 besok ( Juli, Red) kami gelar pasukan pengamanan arus mudik,’’ papar Anas.

Dia menambahka­n, dirinya sudah menyiapkan langkah antisipasi kemacetan dan jalurjalur tengkorak yang rawan kecelakaan. Beberapa jalan yang menjadi perhatian adalah Mengkreng Kertosono, Jombang, Saradan, Madiun, dan Banyuwangi. Itu merupakan jalur yang rawan kecelakaan dan kemacetan. ’’Ada 247 titik pos yang kami siagakan untuk pemantauan dan pelayanan,’’ ucap Anas.

Dengan begitu, masyarakat tidak perlu khawatir terganggu kenyamanan­nya saat pulang kampung. Sebab, sebagai pengayom masyarakat, polisi selalu memberikan layanan prima.

Terkait dengan persoalan keamanan, masyarakat juga tidak perlu resah. Sebab, Polda Jatim sudah menyiapkan tim khusus. Sniper disiapkan sebagai langkah antisipasi bajing loncat maupun begal yang kerap dilakoni bandit jalanan.

Meski begitu, polisi tidak akan sembaranga­n melepaskan tembakan. Mereka bakal tetap melihat situasi terlebih dahulu. Bila memang ada penjahat yang meresahkan masyarakat serta berani melawan petugas, barulah mereka siap menembak di tempat.

Perayaan HUT Bhayangkar­a juga dilakukan oleh jajaran Polrestabe­s Surabaya. Polrestabe­s pimpinan Kombes Pol Yan Fitri Halimansya­h itu siap untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Karena bertepatan dengan bulan Ramadan, Polrestabe­s merayakan milad tahun ini dengan sederhana. ’’ Tetap dirayakan, namun tidak besarbesar­an. Kami mengadakan buka bersama di lingkungan polsek masing-masing,’’ ucap Kasubbaghu­mas Polrestabe­s Surabaya Kompol Widjanarko.

’’Sekaligus ini kami jadikan sebagai sarana untuk mendekatka­n diri dengan masyarakat,’’ lanjut dia. (did/c19/git)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia