Jawa Pos

Perwakilan ITS Juara Mawapres Nasional

-

SURABAYA – Tahun ini bisa jadi merupakan puncak prestasi Aditya Brahmana. Setelah meraih penghargaa­n Social Venture Challenges dalam ajang Harvard Model United Nations di Harvard University, dia menyabet juara pertama Mahasiswa Berprestas­i (Mawapres) Tingkat Nasional 2015.

Mahasiswa ITS jurusan Teknik Informatik­a itu menang dalam kategori sarjana. Kemenangan tersebut diumumkan di Malang Selasa malam (30/6).

Peserta menjalani serangkaia­n seleksi oleh Kementeria­n Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenriste­k-Dikti). Dalam kesempatan tersebut, Aditya mempresent­asikan karyanya yang berjudul Zhaped: Compact 3D Printer.

Alat itu bisa mencetak bentuk apa pun dalam desain tiga dimensi (3D). Baik gambar bangunan, patung, maket, maupun desain 3D lain. Kelebihan lainnya, printer tersebut bisa digunakan untuk membantu usaha mikro, kecil, dan menengah. Ide itulah yang mengantark­an Adit melibas sejumlah finalis lain dan akhirnya duduk sebagai juara pertama tingkat nasional.

Adit memaparkan, seleksi berjalan sangat kompetitif. Terdapat berbagai tahap seleksi seperti presentasi karya tulis ilmiah (KTI), unjuk kemampuan bahasa Inggris, serta wawancara perihal prestasi dan kepribadia­n. ’’Dilihat kepribadia­nnya dan disuruh menjelaska­n secara terperinci prestasi apa saja yang pernah didapat,’’ terangnya.

Acara tiga hari pertama penuh dengan agenda seleksi. Hari terakhir, lanjut Adit, hanya diisi kegiatan santai. Sebab, malamnya (30/6) adalah malam penganuger­ahan Mawapres Tingkat Nasional 2015, baik untuk sarjana maupun diploma. ’’Kami ha nya jalan- jalan ke Museum Angkut sekaligus menunggu pengumu man,’’ ujarnya.

Saat pengumuan akhir itulah diketahui mahasiswa ITS tersebut berhasil menyabet posisi terbaik pertama kategori sarjana. Disusul Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai terbaik kedua dan Universita­s Gadjah Mada (UGM) sebagai terbaik ketiga. Sayangnya, pada kategori diploma, ITS belum bisa masuk tiga besar layaknya kategori sarjana. (ina/c5/ai)

 ?? ITS FOR JAWA POS ?? MENANG: Aditya Brahmana setelah dinyatakan juara pertama Mawapres Tingkat Nasional 2015.
ITS FOR JAWA POS MENANG: Aditya Brahmana setelah dinyatakan juara pertama Mawapres Tingkat Nasional 2015.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia