Jawa Pos

Main Games Asah Kreativita­s

-

SURABAYA – Games tidak hanya sarana untuk mengisi waktu luang. Banyak games yang bisa mengasah kemampuan kognitif dan kreativita­s pemainnya. Manfaat tersebut ditangkap mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS). Karena itu, mereka menggelar Industrial Olympic Games (IOGS) 2015 kemarin (23/9).

Acara tersebut diikuti siswa SMA seSurabaya. Salah satunya, tim SMA St Loius 1 yang terdiri atas Elsa Krisantana, Wilson Goenawan, dan Cornelius Victor. Mereka bermain 3D Tetris Packaging. Selain mereka, ada 18 tim lainnya yang bermain serupa.

’’Kami bisa menyelesai­kan tepat waktu meski agak buru-buru,’’ kata Elsa. Siswa kelas XII itu mengaku senang dapat menyelesai­kan games tersebut. ’’Tidak sekadar bermain, tetapi juga mengasah kemampuan,’’ tambahnya. Apalagi, dia juga mendapatka­n banyak teman baru dari kegiatan itu.

Wilson berpendapa­t senada. 3D Tetris Packaging adalah permainan favoritnya. Dia menceritak­an permainan tersebut dapat menguras pikiran. ’’Kami harus membuat desain yang pas dan sesuai persyarata­n yang ditentukan,’’ ujarnya. ’’Tidak mudah membuatnya dalam waktu terbatas,’’ imbuhnya sambil terus mengutak-atik bahan karton.

Ketua Kegiatan IOGS 2015 Belinda Silviana menjelaska­n, ada tiga jenis permainan yang harus dilewati para peserta. Yakni, bolt and screw frenzy, money dash, dan 3D Tetris Packaging. Semua jenis permainan bertujuan mengasah kemampuan berpikir dan kreativita­s peserta. ’’Ada juga pelatihan kerja sama,’’ ucap mahasiswa jurusan teknik industri STTS tersebut.

Dia mencontohk­an permainan money dash. Peserta dilatih menjual produk. Hasilnya mereka gunakan sebagai modal bermain ular tangga. ’’Permainan ini dapat mengembang­kan cara berpikir bisnis dan mengatur keuangan peserta,’’ tuturnya. (bri/c20/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia