Jawa Pos

Targetkan Sepuluh Lahan Dibebaskan Minggu Depan

-

PENGERJAAN tol Sumo (Surabaya–Mojokerto) menunjukka­n progres yang signifikan. Minggu depan, rencananya ada pembebasan 10 lahan di wilayah Karang Pilang dan Waru Gunung. Pada waktu yang sama, dibicaraka­n masalah ganti rugi dengan warga terdampak.

’’ Targetnya kan akhir November. Jadi, ini kami upayakan ada 10 bidang lagi yang lepas,’’ kata Kasubsi Pengadaan Tanah Instansi Pemerintah Kantor Pertanahan I Surabaya Yun Istma.

Menurut dia, terdapat tenggat selama 14 hari bagi warga untuk menerima harga appraisal yang sudah ditentukan. Jika lebih dari waktu tersebut dan warga belum menyepakat­i, dilakukan tahap konsinyasi ke pengadilan. ’’Tapi, kami lakukan dengan musyawarah dulu,’’ terang Yun.

Sementara itu, warga yang setuju dengan harga tersebut langsung dibuatkan berita acara (BA) dan menunggu kelengkapa­n berkas tanah dari para pemilik lahan. Yun menyatakan, pihaknya juga memakai strategi pembebasan dari wilayah yang memiliki banyak lahan kosong. Hal itu dilakukan untuk mempercepa­t proses tersebut. Misalnya yang dilakukan sebelumnya di Karang Pilang.

’’Kemarin itu satu orang punya lahan sekitar lima bidang. Itu tanah warisan. Jadi, lebih mudah,’’ ujar Yun. Sementara itu, lahan di Sumurwelut telah dibebaskan. Saat ini, tinggal wilayah Waru Gunung dan Karang Pilang yang belum. (bir/c19/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia