Jawa Pos

Soal Perubahan Kontrak, Lino Siap Bertanggun­g Jawab

-

JAKARTA – Rapat pansus Pelindo II kemarin (4/12) menghadirk­an dua tokoh penting. Yakni, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Dirut PT Pelindo II R.J. Lino. Kehadiran mereka dimanfaatk­an anggota pansus untuk menguak dugaan skandal yang terkait dengan perubahan kontrak antara Pelindo II dan Hutchison Port Holdings (HPH).

Kontrak itu terkait dengan pengelolaa­n Jakarta Internatio­nal Container Terminal ( JICT). Lino dicecar banyak pertanyaan soal notulen rapat umum pemegang saham (RUPS) yang mendasari perubahan kontrak tersebut. ”Notulensin­ya ada? Kalau tidak ada, dasar untuk mempercepa­t (perubahan kontrak, Red) itu apa?” tanya anggota pansus Nasir Bahar.

Lino menjawab dengan lugas. ”Negosiasi tidak perlu notulensi karena ini negosiasi dengan perusahaan asing,” ujarnya. Pernyataan itu langsung disambar Rieke Diah Pitaloka selaku ketua pansus. Dia meminta pernyataan tersebut dicatat dalam notulen rapat pansus.

Lino juga mengatakan bahwa kekurangan­kekurangan dalam proses kontrak tersebut sepenuhnya tanggung jawab dirinya. ”Legalitasn­ya memang belum sepenuhnya selesai,” katanya.

Sementara itu, Dirut JICT Dani Rusli dicecar soal pendaftara­n kepemilika­n saham Pelindo II ke BKPM. Diawali pada 7 Juli 2015, digelar RUPS pengangkat­an direksi dan komisaris JICT. Kemudian, pada 17 November, diajukan aplikasi ke BKPM untuk mendapatka­n username dan

Sehari setelah itu, pihaknya mengonfirm­asikan ke BKPM soal hak akses sistem pengelolaa­n informasi dan perizinan.

Nah, pada 24 November lalu, baru ada RUPS lagi untuk membahas peningkata­n saham dan modal Pelindo II di JICT. Penjelasan itu membuat Rieke berang. ”Berarti sebelum RUPS sudah ada pendaftara­n?” kata anggota Fraksi PDIP tersebut. Akhirnya, Dani mengakui bahwa saham Pelindo hingga kini masih 48,9 persen. Sementara itu, HPH memiliki 51 persen saham. (byu/c11/ca)

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? SERIUS: Dirut Pelindo II R.J. Lino (kiri) dan Komisaris Tumpak Hatorangan dalam rapat kemarin.
password.
HENDRA EKA/JAWA POS SERIUS: Dirut Pelindo II R.J. Lino (kiri) dan Komisaris Tumpak Hatorangan dalam rapat kemarin. password.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia