Jawa Pos

Andalkan Kemudi Mandiri dan Ramah Lingkungan

Sejumlah media asal Asia Oceania berkesempa­tan menjajal sejumlah mobil sport andalan Nissan di Sirkuit Sodegaura Forest Raceway pada Selasa (1/12). Berikut laporan wartawan Uji Kendara Mobil Sport dan Listrik Nissan di Negeri Sakura

-

Jawa Pos

dari Chiba, Jepang.

TEMPERATUR udara saat itu menunjukka­n angka 12 derajat Celsius. Namun, rasa penasaran ingin merasakan mobil sport telah mengalahka­n hawa dingin di kawasan sirkuit. Tak ayal, sesi test drive menjadi momentum yang ditunggutu­nggu para wartawan di acara Nissan 3360 Asia & Oceania tersebut. Setelah mendapat brifing dari ofisial Nissan, semua langsung menyerbu tempat mobil diparkir.

Ada enam mobil yang disiapkan Nissan. Yakni, GT-R Nismo, March Nismo S, Leaf, Note Nismo S, GT-R, dan X-Trail HEV. Mobil pertama yang dicoba adalah GT-R Nismo yang menggendon­g mesin 3.8L V6 twin-turbo bertenaga 600 horsepower (hp). Namun, awak media hanya diperkenan­kan duduk di sebelah driver profesiona­l. Begitu siap, driver langsung memacu GT-R Nismo dengan kecepatan tinggi. ’’Wow, rasanya seperti naik roller coaster,’’ kata salah seorang jurnalis.

Suara knalpot terdengar nyaring dan menggelega­r. Saat menikung, sang driver tetap menginjak pedal gas sehingga suara ban mobil terdengar berdecit. Sayangnya, setiap media berkesempa­tan melahap 1 lap di lintasan sepanjang 2.436 meter tersebut. Setelah sesi pertama usai, kesempatan berikutnya adalah menjajal GT-R versi standar. Bila versi Nismo bertenaga 600 hp, versi standar ’’hanya’’ 550 hp. Keduanya sama-sama mengusung mesin 3.8 L V6 DOHC, tetapi tenaganya lebih kecil.

Ada tiga GTR standar yang disiapkan. ’’Unit pertama nanti untuk lead car,’’ jelas ofisial Nissan. Kali ini awak media diberi kesempatan menjajal 2 lap. Pada lap pertama, masih dilakukan penjajakan. Baru pada lap berikutnya, tanpa sadar awak media mengikuti lead car menginjak pedal gas dalamdalam. Mobil pun melaju kencang.

Yang sangat terasa berbeda ketika mendapat kesempatan mengendara­i mobil Leaf. Mobil ramah lingkungan itu hanya mempunyai tiga tombol. Parkir, mundur, dan jalan. Dengan menekan tombol drive, otomatis mobil akan berjalan.

Selain test drive mobil sport dan listrik, Nissan memperkena­lkan mobil kemudi mandiri dengan konsep intelligen­t driving system (IDS). Petugas yang duduk di kursi navigator memperkena­lkan cara pengoperas­ian mobil pintar tersebut. Cukup mengatur di layar, mobil bisa parkir sendiri. (*/c14/oki)

NIHRAWATI A.S.

 ?? NIHRAWATI/JAWA POS ??
NIHRAWATI/JAWA POS
 ?? NIHRAWATI/JAWA POS ?? MELAJU KENCANG: Suasana test drive GT-R Nismo di Chiba, Jepang. Foto kanan, kabin Nissan IDS yang bisa parkir sendiri.
NIHRAWATI/JAWA POS MELAJU KENCANG: Suasana test drive GT-R Nismo di Chiba, Jepang. Foto kanan, kabin Nissan IDS yang bisa parkir sendiri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia