Jawa Pos

Perusahaan Modal Ventura Mulai Incar Dana Baru

-

SURABAYA – Industri modal ventura mulai menargetka­n funding atau sumber pendanaan untuk 2016. Rencana itu mulai digodok agar tahun depan perusahaan modal ventura (PMV) lebih siap menyalurka­n dana pada perusahaan pasangan usaha (PPU). Beberapa bank dan lembaga lain pun menjadi incaran PMV.

Direktur Operasiona­l PT Sarana Jatim Ventura Noor Alim Fardianto mengungkap­kan, pihaknya telah menyusun rencana bisnis funding yang mengincar dana Rp 50 miliar. ’’Untuk funding baru, kami merencanak­an Rp 41 miliar didapat dari perbankan dan Rp 9 miliar dari dana-dana program,’’ katanya kemarin (4/12).

Dana-dana program yang dimaksud berasal dari Lembaga Pengelola Da- na Bergulir (LPDB), Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Eximbank, serta Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dari berbagai perusahaan.

Beberapa bank yang diincar perseroan tersebut adalah Bank Prima Master, Bank Syariah Mandiri, Bank Andara, dan Bank Panin Syariah. Alim belum bersedia menyebutka­n

KOMUNIKASI BISNIS NASIONAL target pendanaan dari setiap bank tersebut. Sebab, pihaknya masih menjajaki bank-bank tersebut.

Tahun lalu Jatim Ventura mendapat pendanaan Rp 37,5 miliar dari perbankan. Perinciann­ya, Rp 25 miliar dari Bank Syariah Mandiri, Rp 10 miliar (Bank Andara), dan Rp 2,5 miliar (Bank Prima Master). Funding dari danadana program mencapai Rp 26 miliar. ’’Tahun ini, sebenarnya untuk dana dari pihak ketiga, kami agak berat. Tahun ini saja dana dari pihak ketiga kami Rp 31 miliar,’’ jelas Alim.

Per Oktober 2015, aset anak perusahaan BUMN PT Bahana Artha Ventura itu mencapai Rp 130 miliar dan investasi Rp 120 miliar. Ekuitas perusahaan sebesar Rp 58 miliar. (rin/c14/tia)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? funding
FRIZAL/JAWA POS funding

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia