Jawa Pos

Perampok Sikat 2 Kilogram Emas

Pelaku Umbar Tembakan

-

KAMPAR – Pasar Muara Mahat Baru, Tapung, Kampar, Riau, kemarin pagi (4/12) heboh. Kehadiran empat pria bersenjata api membuat pedagang dan pengunjung ketakutan.

Bergaya ala koboi, empat orang tidak dikenal itu mengumbar tembakan. Dua kali letusan terdengar. Tanpa ada yang bisa mencegah, mereka kemudian merampok dua toko emas sekaligus.

Mereka datang sekitar pukul 09.00 WIB. Sasarannya adalah Toko Mas Alam Jaya milik Iswandi, 43. Warga Kampung Lintang, Kecamatan Tambang, tersebut rugi sekitar 1 kilogram emas.

Berikutnya, Toko Mas Gunung Kerinci milik Yusmaida, 38, warga Jalan Ali Rasyid, Bangkinang. Di tempat itu, pelaku membawa sekitar 1 kilogram emas.

Pelaku datang menggunaka­n motor sport hitam dan motor bebek hitam bergaris hijau. Semua mengenakan sebo.

Kapolsek Tapung Kompol Barzawi yang mewakili Kapolres Kampar AKBP Ery Apriyono dengan didampingi Kanitreskr­im Iptu Asdisyah Mursid kepada Pekanbaru MX ( Jawa Pos Group) menjelaska­n, pelaku datang tidak lama setelah korban selesai memajang emas di etalase. Setelah meletuskan dua tembakan, mereka menodong korban dan mengambil emas di dalam etalase.

’’Pelaku kabur ke arah Pekanbaru. Usai kejadian, kami langsung turun ke tempat kejadian perkara,’’ kata Ery.

Hingga kini, belum diketahui pasti jumlah kerugian yang diderita korban. Hanya, polisi telah melakukan olah TKP. ’’Kami mengamanka­n barang bukti dan memeriksa sejumlah saksi,’’ jelas Ery.

KUNJUNGAN

Dia mengimbau masyarakat agar lebih berhatihat­i lagi. ’’Mudah-mudahan pelaku segera tertangkap,’’ paparnya.

Sebelumnya, aksi perampokan dengan menggunaka­n senjata api juga terjadi di Kampar pada 12 Oktober. Aksi itu dilakukan di sebuah kantor usaha di Jalan PKS PT Flora, Desa Sungai Lipai, Kecamatan Gunung Sahilan.

Pelaku memberondo­ng korban dengan tembakan yang menyebabka­n satu orang tertembus peluru di bagian kaki kiri. Perampokan bersenjata api ini terjadi siang pukul 14.45 WIB.

Bandit tersebut berjumlah empat orang dengan menggunaka­n penutup sebo, helm serta jaket hitam. Mereka datang ke kantor itu menggunaka­n dua sepeda motor. Tiba di depan, dua orang diantarany­a turun sambil menenteng senjata api laras panjang dan laras pendek.

Setelah dibantu Unit Jatanras Ditreskrim­um Polda Riau, akhirnya kawanan pelaku pencurian dengan kekerasan ( curas) alias perampok yang kerap beraksi di Kabupaten Kampar, berhasil ditangkap. Mereka diringkus tanpa perlawanan.

Dari tangan para perampok itu, polisi menyita sejumlah barang bukti antara lain 1 unit mobil mini bus berwarna hitam, dua unit HP, selongsong peluru laras panjang jenis AK 47, dan senjata tajam jenis golok.

Sementara, uang hasil rampokan telah dibagi rata para pelaku dan dipakai untuk belanja sampai habis. Untuk itu sebagai barang buktinya adalah cincin dan kalung emas hasil pembelian yang dijadikan barang bukti. (pmx/JPG/c15/diq)

REDAKS

I

 ?? RUDI SETYO WIDODO/JAWA POS ?? Jawa Pos
RUDI SETYO WIDODO/JAWA POS Jawa Pos
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia