Jawa Pos

Bom di Restoran Kairo, 16 Nyawa Terenggut

-

KAIRO – Ledakan bom memecah keheningan pagi buta di pusat ibu kota Mesir kemarin (4/12). Insiden di restoran sekaligus kelab malam Kota Kairo itu mengakibat­kan 16 nyawa melayang. Sekitar lima lainnya terluka. Sejauh ini, polisi belum berhasil mengungkap motivasi peledakan.

”Sebagian besar korban tewas karena tubuhnya hangus terbakar. Sebagian yang lain tewas karena asap terlalu tebal dan mereka sulit bernapas,” terang salah seorang polisi yang ikut menyegel lokasi kejadian. Kemarin polisi masih memburu pelaku peledakan yang diduga lebih dari seorang. Mereka diduga merupakan karyawan restoran sekaligus kelab malam tersebut.

Dari investigas­i awal, para pelaku sempat terlibat pertengkar­an dengan beberapa orang di lokasi kejadian. Tidak lama kemudian, bom molotov itu meledak. Karena restoran dan kelab malam tersebut terletak di basement, ledakan langsung menyulut kebakaran. Dalam hitungan menit, seluruh ruangan dipenuhi asap. Para pengunjung pun panik dan berlomba menyelamat­kan diri.

Parahnya, jumlah pintu keluar di restoran sekaligus kelab malam tersebut terbatas. Selain itu, tidak ada tanda yang menunjukka­n pintu keluar. Itulah yang membuat para pengunjung terjebak di dalam ruangan. Dini hari itu mereka terpanggan­g. ” Tidak ada rute evakuasi darurat,” imbuh polisi yang tidak menyebutka­n namanya itu.

Versi lain menyebutka­n, ledakan itu terjadi setelah 2–3 pemuda dilarang masuk petugas kelab malam. Kabarnya, mereka sempat terlibat cekcok di pintu masuk. Namun, petugas berhasil menghalau para pemuda itu. Di luar dugaan, mereka kembali ke kelab malam dengan membawa molotov dan langsung melemparka­nnya ke dalam ruangan.

Kementeria­n Dalam Negeri Mesir menyatakan, insiden itu sama sekali tidak berkaitan dengan aksi terorisme. Namun, polisi tetap tidak menutup kemungkina­n tersebut. Apalagi para pelaku masih buron, kendati polisi sudah mengantong­i identitas salah seorang pelaku. ”Sebanyak 11 lakilaki dan lima perempuan tewas dalam ledakan yang juga melukai tiga polisi tersebut,” terang kementeria­n. (AFP/ Reuters/BBC/AlAhram/hep/c5/ami)

 ?? MOHAMED EL-SHAHED/AFP PHOTO ?? INSIDEN PAGI BUTA: Penyidik memeriksa lokasi kejadian setelah bom molotov meledak dan kemudian menyulut kebakaran di Kairo kemarin.
MOHAMED EL-SHAHED/AFP PHOTO INSIDEN PAGI BUTA: Penyidik memeriksa lokasi kejadian setelah bom molotov meledak dan kemudian menyulut kebakaran di Kairo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia