Jawa Pos

Sebar Foto Palsu Modi, Humas PM Di-Bully

-

NEW DELHI – Pemerintah India sedang menjadi bulan-bulanan di media sosial. Penyebabny­a adalah foto editan humas kantor perdana menteri tentang lawatan PM Narendra Modi ke Negara Bagian Tamil Nadu. Dalam foto itu, area yang terdampak banjir terlihat jelas dari jendela helikopter.

Sebenarnya, foto tersebut tidak akan menjadi masalah jika Modi tidak lebih dulu memublikas­ikan potret yang sama. Dalam foto yang diunggah Modi lewat Twitter, terlihat bahwa pemandanga­n dari jendela helikopter samar. Itu disebabkan cuaca belum cerah. Awan mendung menggantun­g di langit Kota Chennai. Karena itu, area yang terdampak banjir pun tidak terlihat jelas.

”Saya sangat prihatin menyaksika­n kerusakan yang terjadi karena banjir,” ungkap Modi sambil menerangka­n foto tersebut. Tak lama kemudian, humas sang kepala pemerintah­an India mengunggah foto senada lewat Twitter resmi.

Objeknya tetap sama dengan foto pertama. Yakni, Modi yang duduk di dalam helikopter dengan kepala menoleh ke arah jendela. Namun, dalam foto kedua, pemandanga­n di luar terlihat jelas.

Para pengguna internet alias netizen pun langsung bereaksi menyaksika­n dua foto tersebut. Menyadari kesalahan yang dibuat, humas Kantor PM pun lantas menghapus foto kedua. Namun, foto editan itu telanjur menyebar ke seluruh dunia. ”Konyol sekali @PIB-India mengedit foto inspeksi udara @PMOIndia atas Chennai,” kritik Prashanth Rao lewat Twitter.

Perbedaan mencolok dua foto yang sama-sama menampilka­n Modi itu jelas memicu kontrovers­i. Para netizen mencibir editan humas kantor PM. ” Photoshop terburuk. Mengapa PM kita butuh propaganda berlebihan dan kepalsuan?” keluh Wilbur Sargunaraj. Rao dan Sargunaraj hanya dua di antara 16 juta follower Modi yang kecewa dengan publikasi palsu kantor PM. (AFP/Reuters/hep/co2/ami)

 ?? PTI PHOTO/PIB ??
PTI PHOTO/PIB

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia