Jawa Pos

Smartphone Pertama yang Bisa Dicuci

-

TOKYO – Memiliki telepon pintar yang anti air dan bebas kuman kini bukan lagi sebuah mimpi. Perusahaan teknologi asal Jepang KDDI meluncurka­n sebuah telepon yang tidak hanya anti air, tapi juga bisa dicuci. Ya, telepon pintar tersebut bisa dicuci dengan sabun dan air layaknya mencuci peralatan makan. Gadget itu cocok untuk orang-orang yang sangat memperhati­kan kebersihan telepon genggamnya.

Telepon yang diberi nama Digno rafre tersebut akan dijual bebas minggu depan. Pihak KDDI mengklaim bahwa Digno rafre adalah telepon pintar pertama di dunia yang bisa dicuci. Sebelumnya, sudah ada telepon pintar yang anti air, tetapi belum ada yang bisa dicuci dengan sabun. Pencucian Digno rafre tidak bisa menggunaka­n sabun batangan, melainkan harus sabun cair. ”Tim pengembang­an kami telah mencuci smartphone ini sebanyak 700 kali untuk menguji daya tahannya,” ujar juru bicara dari KDDI.

Dia menjelaska­n bahwa telepon pintar tersebut ditujukan kepada para orang tua yang ingin agar teleponnya tetap bersih saat dibuat mainan oleh anaknya. Telepon keluaran terbaru itu dibanderol USD 465 atau setara dengan Rp 6,4 juta. Digno rafre memiliki ketebalan 10,1 milimeter dengan lebar 5 inci. Layar sentuhnya tetap akan berfungsi meski telepon tersebut basah. Dalam iklannya, anak perusahaan dari Kyocera itu menampilka­n seorang anak yang menjatuhka­n smartphone milik orang tuanya ke piring yang berisi makanan. Ibu si anak menenangka­n keluargany­a yang kaget bahwa hal tersebut tidak masalah. (AFP/PC Mag/sha/c20/ami)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia