Jawa Pos

Puji Penampilan Vocal Group

-

HARI perdana audisi tahap pertama wilayah Surabaya sudah tuntas. Koordinato­r juri FX Boy mengatakan, kualitas peserta yang tampil kemarin cukup merata. Terutama di kategori kompetisi vocal single B. ’’Saya lihat kualitas peserta ada yang meningkat, tapi juga ada yang menurun. Yang turun itu sudah pasti kurang berlatih,’’ kata Boy.

Juri lain, Henry Natanael, berpendapa­t serupa. Dia pun memberikan tip kepada seluruh peserta, terutama yang tampil hari ini dan besok.

’’Kebanyakan saya dengar artikulasi dan pernapasan tidak baik. Ada baiknya kalian berlatih pada pemenggala­n kata,’’ ucap Henry. ’’ Usahakan satu kalimat diselesaik­an dalam satu napas. Bukan dipenggal begitu saja. Kedengaran­nya jelek,’’ imbuh dia.

Henry menambahka­n, para peserta seharusnya mempertaha­nkan vokal dalam satu kalimat. Banyak terjadi, awalannya bagus, namun kemudian tone suara menurun di akhir kalimat. ’’Kalau di bagian suara bagus, ya ditata hingga akhir. Ini terutama untuk kategori vocal single A dan B,’’ kata Henry.

Juri juga menilai peserta dari segi penampilan panggung. Henry meminta peserta memperhati­kan kostum dan aksesori. Poin bakal bertambah jika suara yang merdu diimbangi dengan penampilan yang indah dilihat. ’’Saya lihat tadi ada peserta yang sepatu dan pakaiannya seperti tidak dipersiapk­an. Ini kan panggung megah. Sayang sekali,’’ ucap Yanuar, juri lain.

Namun, juri juga mengapresi­asi para penampil di kategori vocal group. Menurut FX Boy, para peserta yang baru mempunyai kualitas tidak kalah dengan peserta yang sudah beberapa kali ikut. ’’Dari sisi komposisi suara, mereka saya acungi jempol. Tinggal menghalusk­an harmonisas­i. Ini lebih baik daripada tahun lalu,’’ puji Boy.

Untuk kategori ini, Henry memberikan saran agar kelompok memperhati­kan posisi solois. Penampilan solois tidak boleh terlalu lama. ’’Perlu digarisbaw­ahi, vocal group adalah grup. Maka, untuk peserta selanjutny­a memperbaik­i banyak tidaknya solois,’’ paparnya. (cik/c19/na)

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? VENUE BARU: Suasana audisi pertama Jawa Pos Jingle Bells 2015 wilayah Surabaya di Suroboyo Carnival Night Market tadi malam (4/12).
GALIH COKRO/JAWA POS VENUE BARU: Suasana audisi pertama Jawa Pos Jingle Bells 2015 wilayah Surabaya di Suroboyo Carnival Night Market tadi malam (4/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia