Jawa Pos

Sulit Hindari Noda Pertama

-

Muenchen belum terkalahka­n hingga ke-14. Dalam tiga laga terakhir di Bundesliga, Bayern selalu menang dengan selisih lebih dari dua gol. Tak heran, tim tamu kembali diunggulka­n menang dengan cara yang sama di kandang M’Gladbach.

M’Gladbach vs Bayern Muenchen

22/03/15

26/10/14

27/07/14

25/01/14

10/08/13

9

10

9

8,5

5,25

5,25

Bayern Muenchen vs

5

5,5

1½:0

M’Gladbach vs Bayern Muenchen

Bayern Muenchen vs M’Gladbach

M’Gladbach vs

1,33

1,33

vs M’Gladbach

1,3

1,3

0-2

0-0

2-2

0-2

3-1

Moenchengl­adbach sempat terseok-seok di awal musim. Ketika masih ditangani Lucien Favre, tim itu sempat menelan lima kekalahan beruntun. Nah, setelah diambil alih Andre Schubert pada 21 September lalu, prestasi Moenchengl­adbach melesat. Granit Xhaka dkk belum menelan kekalahan dalam sembilan laga terakhir di Bundesliga. Berikut faktanya.

Main

9

Menang

7

(*)

MOENCHENGL­ADBACH –

Misi yang (tak) mungkin. Itulah judul di sejumlah media Jerman menjelang laga Borussia Moenchengl­adbach menjamu Bayern Muenchen nanti malam. Judul itu jelas ditujukan itujukan kepada tuann rum rumah Moenchengl­adbach.henglad

Sejak dit ditangani Andre Schubert, chubert, Moenchengl­adbach memang b belum terkalahka­n di Bundesliga.undeslig Namun, Die Fohlen –julukan ulukan Moenchengl­adbach– diyakinii ki i sulit mempertaha­nkan catatan menawan bersama Schubert. Sebab, lawan yang mereka hadapi kali ini adalah Bayern. Die Roten –julukan Bayern– sudah menorehkan lima kemenangan beruntun di semua ajang. Pep Guardiola dan pasukannya juga kukuh di puncak klasemen sementara tanpa pernah tersentuh kekalahan.

Meski demikian, Schubert yakin rekor tak terkalahka­n Bayern bisa terhenti di Borussia Park nanti malam. ’’Kami tak akan sekadar bertahan saat menghadapi Bayern. Kami akan berusaha membuat peluang mencetak gol,’’ ucap Schubert sebagaiman­a diberitaka­n fourfourtw­o kemarin (4/12).

Schubert sadar, musim ini Bayern adalah tim dengan jumlah kebobolan paling minim di Bundesliga. Mereka hanya kemasukan lima gol dalam 14 laga. Bandingkan dengan Moenchengl­adbach yang sudah kebobolan 22 gol. ’’Bayern adalah tim paling ofensif di Bundesliga. Rata-rata gol per game Bayern adalah tiga. Lantas, daripada kami mencoba defensif dan kebobolan, bukankah lebih baik kami menyerang dan mencoba kemungkina­n menjebol gawang Bayern?’’ tutur Schubert.

Celah untuk mengalahka­n Bayern terbuka seiring dengan kemungkina­n absennya David Alaba, Arjen Robben, dan Douglas Costa. Guardiola menerima banyak kritik. Sebab, dalam 99 laga bersama Bayer atau sejak Januari 2014, dia tak melakukan banyak rotasi. ’’Saya tak memusingka­n apa yang dikatakan orang mengenai strategi yang akan saya pakai. Selama bisa mencetak kemenangan, saya akan terus memakainya,’’ ucap Guardiola sebagaiman­a diberitaka­n Daily Mail.

Di sisi lain, deretan amunisi tuan rumah yang absen jauh lebih banyak. Mereka, antara lain, Nico Schulz, Alvaro Dominguez, Andre Hahn, Martin Stranzl, dan Patrick Herrmann. Namun, Thomas Mueller meminta rekan-rekannya tetap waspada. Sebab, grafik permainan Moenchengl­adbach saat ini menanjak.

’’Musim lalu kami sekali imbang dan kalah oleh Moenchengl­adbach. Mereka memberikan perlawanan yang keras. Justru karena itulah kami mewaspadai mereka,’’ kata Mueller sebagaiman­a diberitaka­n Kicker. (dra/c19/bas)

 ?? RALPH ORLOWSKI/REUTERS
GRAFIS: BOEDIONO/JAWA POS ?? BAYERN
BURSA
Home
Asian Handicap
Bayern Muenchen
Draw
Head-to-Head
(dra/c23/na)
Away
M’Gladbach
Bayern Muenchen
BORUSSIA
TEROR PREDATOR:
Robert Lewandowsk­i merayakan golnya ke gawang Hoffenheim (22/8). Dia bakal meneror pertahanan Moenchen...
RALPH ORLOWSKI/REUTERS GRAFIS: BOEDIONO/JAWA POS BAYERN BURSA Home Asian Handicap Bayern Muenchen Draw Head-to-Head (dra/c23/na) Away M’Gladbach Bayern Muenchen BORUSSIA TEROR PREDATOR: Robert Lewandowsk­i merayakan golnya ke gawang Hoffenheim (22/8). Dia bakal meneror pertahanan Moenchen...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia