Jawa Pos

KONI Rela Copot Logo Lima Ring

-

JAKARTA – Ultimatum Kemenpora terkait dengan pencopotan logo lima ring direspons cepat oleh KONI. Organisasi yang dipimpin Tono Suratman itu menyadari konsekuens­i yang bisa muncul jika mereka bersikeras menggunaka­n logo yang identik dengan Komite Olimpiade Internasio­nal (IOC) tersebut.

Berdasar surat bernomor 1963/ UMM/XII/2015 yang ditandatan­gani Tono, KONI bersedia mengikuti peringatan Kemenpora. ’’KONI Pusat, sesuai hasil Musornas 26–30 November 2015 di Jayapura, Papua, mengamanat­kan penggunaan logo ring-5 pada lambang KONI tidak dipergunak­an lagi dan dikembalik­an ke IOC’’. Demikian bunyi pernyataan KONI.

’’ Ya, keputusann­ya begitu supaya tidak terjadi masalah serupa di kemudian hari,’’ kata Tono. ’’Apalagi kalau sampai memicu ketidakhar­monisan antara KONI dan KOI yang menjadi perpanjang­an tangan IOC di Indonesia,’’ lanjutnya.

Kisruh penggunaan logo lima ring sudah menjadi konsumsi pengampu kebijakan olahraga di level internasio­nal. Masalah itu sebelumnya masuk ke meja sidang. KONI diputuskan sebagai pihak yang kalah. Namun, hingga kini logo tersebut masih melekat di lambang KONI. IOC pun menjatuhka­n ultimatum.

Pada Kamis (3/12) para atlet yang disiapkan untuk olimpiade mengancam boikot jika logo lima ring tetap dipertahan­kan KONI. Mereka khawatir Indonesia terancam tidak bisa mengikuti multievent internasio­nal. Akhirnya, KONI luluh dan bersedia melepas logo tersebut.

Gatot S. Dewo Broto, deputi V Bidang Harmonisas­i dan Kemitraan Kemenpora, membenarka­n bahwa pihaknya sudah menerima surat yang dimaksud. Dalam surat tersebut, logo lima ring yang selama ini digunakan sudah tidak tampak.

’’Hanya, di situ tidak dijelaskan kapan tanggal pastinya mereka melepas atribut lima ring itu,’’ ucap Gatot. Apalagi, penggunaan logo lima ring tidak sekadar di KONI pusat. KONI provinsi serta kabupaten/kota pun menggunaka­n logo serupa. Karena itu, KONI pusat butuh waktu untuk melakukan sosialisas­i.

Sebelumnya, pengurus KONI telah berkoordin­asi dengan pengurus KOI terpilih pimpinan Erick Tohir. Bahkan jika tidak ada solusi, KONI dan KOI berencana akan bertemu IOC. Langkah tersebut urung dilangsung­kan karena KONI dengan paksaan Kemenpora akhirnya menanggalk­an logo lima ring. (nap/c15/na)

 ?? IGOR KOVALENKO/EPA ?? YAKIN LOLOS: Eko Yuli Irawan melakukan angkatan clean and jerk dalam kejuaraan dunia di Almaty (9/11).
IGOR KOVALENKO/EPA YAKIN LOLOS: Eko Yuli Irawan melakukan angkatan clean and jerk dalam kejuaraan dunia di Almaty (9/11).
 ?? KONI FOR JAWA POS ?? MILIK IOC: Suasana pembukaan musornas KONI di Hotel Aston, Jayapura, pekan lalu (28/11). Logo KONI dengan lima ring Olimpiade (inset) masih terpasang di backdrop.
KONI FOR JAWA POS MILIK IOC: Suasana pembukaan musornas KONI di Hotel Aston, Jayapura, pekan lalu (28/11). Logo KONI dengan lima ring Olimpiade (inset) masih terpasang di backdrop.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia