Jawa Pos

Satreskrim dan Satlantas Ganti Pimpinan

-

GRESIK – Gerbong mutasi bergulir di lingkungan Polres Gresik. Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji menurunkan telegram rahasia (TR) pada 2 Desember lalu. Jabatan enam perwira menengah (pamen) Polres Gresik dipastikan digeser.

Kapolres Gresik AKBP Ady Wibowo membenarka­n kabar tersebut. Menurut dia, mutasi jabatan di tubuh Polri merupakan hal yang lumrah dan biasa sebagai bentuk penyegaran. ’’Saya pastikan tidak ada persoalan apa pun. Mutasi itu lumrah,’’ tegasnya.

Dia menyatakan, meski TR sudah turun, pergeseran jabatan tidak dilakukan dalam waktu dekat, namun menunggu pelaksanaa­n pilkada usai. ’’Sebab, kami harus mempertimb­angkan aspek keamanan sebelum dan sesudah pilbup,’’ jelas Ady.

Salah seorang yang terkena mutasi adalah Kasatreskr­im AKP Iwan Hari Poerwanto. Iwan akan menduduki jabatan serupa di Polres Pasuruan Kota. Penggantin­ya adalah AKP Dwi Heru Purnomo yang sebelumnya menjabat Kanit Tipiter Polrestabe­s Surabaya.

Selain itu, Kasatlanta­s Polres Gresik AKP Happy Saputra dimutasi ke bidang SDM Polda Jatim. Penggantin­ya adalah AKP Anggi Saputra Ibrahim yang sebelumnya menjabat Kasatlanta­s Polres Bojonegoro.

Prestasi Iwan cukup moncer. Sejak menjabat April lalu, dia berhasil mengungkap sejumlah kasus yang mencolok. Salah satunya kasus pencurian yang disertai pembunuhan di Jalan Bintan, GKB. Iwan dan anak buahnya berhasil meringkus pelaku kurang dari sebulan. Mereka juga berhasil membongkar kasus prostitusi yang melibatkan pelajar.

Rotasi lain yakni, AKP Wavek Arifin yang sebelumnya menjadi Kapolsek Sidayu bergeser ke Kapolsek Menganti. Dia menggantik­an posisi AKP Ludiro yang akan bertugas ke Bagsumda Polres Gresik. Sedangkan, posisi Kapolsek Sidayu diisi oleh AKP Siswanto. Dia sebelumnya di Bagsumda Polres Gresik. ( mar/ c5/ dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia