Jawa Pos

Kampanye Tersebar di Sembilan Titik

Survei LPKS Menangkan Berkah

-

GRESIK – Kampanye terakhir pasangan calon (paslon) Husnul Khuluq-Achmad Rubaie dikemas berbeda. Jika paslon lain tersentral di satu titik, mereka menyebar kampanye di lokasi berbeda. Kemarin (4/12) kampanye pemungkas dilangsung­kan di sembilan titik.

Di lapangan Desa Pongangan, Manyar, salah satunya. Kampanye dilaksanak­an mulai pukul 09.00 dengan dihadiri ratusan orang. Mereka datang dari Kecamatan Manyar dan sekitarnya. Momen itu pun dihadiri Achmad Rubaie, KH Robbach Ma’sum, dan sejumlah tokoh parpol pendukung Berkah.

Kampanye serupa dilakukan di Balongpang­gang, Duduksampe­yan, Benjeng, Menganti, dan Kedamean. ’’Kampanye terakhir ini kami sebar di kecamatan-kecamatan. Sehingga massa yang datang hanya dari kecamatan setempat,’’ ujar anggota tim pemenangan Berkah Abdul Wahid Asy’ari.

Setelah salat Jumat, massa berbondong-bondong ke kediaman KH Robbach Ma’sum di Jalan Kalimantan, GKB. Di situ berkumpul ratuan ibu berpakaian putih-putih. Mereka bakal melangsung­kan istigotsah. Acara tersebut dihadiri mantan anggota DPR Lily Wahid. Dalam pidatonya, Lily mendukung penuh pasangan Berkah. ’’Husnul Khuluq adalah tokoh yang tepat untuk memimpin Gresik,’’ jelas Lily.

Sementara itu, kemarin (4/12) lembaga survei LPKS (Lembaga Pusat Kajian Sosial) merilis elektabili­tas pasangan calon (paslon) Pilbup 2015. Hasilnya, pasangan Husnul Khuluq-Achmad Rubaie unggul atas kompetitor­nya. Paslon nomor urut dua itu memperoleh 49,4 persen.

Kemudian, SambariQos­im (SQ) menguntit dengan 38,2 persen serta Ahmad Nurhamim-Junaidi (Arjuna) tercatat 3,4 persen. Sisanya, 9 persen, belum menentukan pilihan. ’’Elektabili­tas pasangan nomor urut dua sedikit lebih unggul dari nomor satu,’’ kata Direktur LPKS Ahmad Mustar kemarin.

Menurut dia, hasil survei masih sangat mungkin berubah. Sebab, ada massa mengambang ( swing voters) yang cukup besar, yakni 42 persen. ’’Ada 26 persen pemilih sudah punya pilihan. Namun, mereka mengaku, pilihannya masih mungkin berubah mendekati pencoblosa­n,’’ paparnya.

Survei LPKS melibatkan 500 responden dengan metode multistage random sampling. Teknik pengumpula­n data melalui tatap muka dilakukan pada 15–30 November. Tingkat kepercayaa­n 95,26 persen dengan margin error 4,74 persen.

Prof Hotman Siahaan, akademisi, menanggapi hasil survei itu. Dia menyatakan, semua orang berhak memiliki opini berbeda terkait dengan hasil survei. Hotman menuturkan tidak mempersoal­kan metodologi penelitian.

Hanya, dia menanyakan latar belakang responden. Baik tingkat pendidikan maupun gender. Survei memang tidak menampilka­n latar belakang pemilih. Selain itu, peneliti memberikan pertanyaan khusus kepada kompetitor. Misalnya, terkait dengan harapan publik. (mar/c15/dio)

 ??  ??
 ??  ??
 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? TERSEBAR: Ahmad Rubaie melakukan kampanye di lapangan Desa Pongangan, Kecamatan Manyar, kemarin.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS TERSEBAR: Ahmad Rubaie melakukan kampanye di lapangan Desa Pongangan, Kecamatan Manyar, kemarin.
 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? PAMUNGKAS: Ratusan ibu-ibu berkumpul di depan kediaman KH Robbach Ma’sum di Jalan Kalimantan, GKB. Acara istighotsa­h ini juga dihadiri mantan anggota DPR RI Lily Wahid.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS PAMUNGKAS: Ratusan ibu-ibu berkumpul di depan kediaman KH Robbach Ma’sum di Jalan Kalimantan, GKB. Acara istighotsa­h ini juga dihadiri mantan anggota DPR RI Lily Wahid.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia