Jawa Pos

Vita Marissa Pastikan Pensiun

-

VITA Marissa, pebulu tangkis kondang spesialis ganda, akhirnya menyerah pada waktu. Kemarin atlet 34 tahun itu resmi gantung raket.

Vita mengikuti jejak Adriyanti Firdasari yang baru menyatakan pensiun beberapa hari lalu. Seperti Firda, Vita menjadikan turnamen Indonesian Master 2015 ini sebagai momen terakhirny­a menikmati panggung megah bulu tangkis.

Vita yang bermain bulu tangkis sejak berusia enam tahun mengaku berat untuk memilih pensiun. ’’ Bayangin aja, 28 tahun yang lalu saya udah mulai pegang raket dan sampai sekarang masih main. Pastinya banyak momen yang enggak terlupakan,’’ ucap pebulu tangkis yang pernah menjadi juara Asia pada 2003 (bersama Nova Widianto) dan 2008 (dengan Flandy Limpele) itu.

Menurut Vita, usianya menjadi alasan utamanya gantung raket. Dia mengatakan, sudah saatnya pebulu tangkis muda me lanjut kan perjuangan para senior seperti dirinya.

Mengenai rencana selepas pensiun, Vita menjawab ingin menjadi pelatih bulu tangkis. Dia mengaku sudah mendapatka­n tawaran dari beberapa pihak. Ketika disinggung mengenai pihak asing yang memberinya tawaran, dia pun mengiyakan. ’’Ada beberapa termasuk dari luar negeri, tapi saya prioritask­an melatih di Indonesia,’’ katanya.

Dengan menjadi pelatih, Vita berharap bisa memberikan ilmu kepada para junior. Menurut pemilik lima gelar BWF Superserie­s tersebut, secara teknik, pebulu tangkis Indonesia setara dengan negara lain. ’’ Hanya, pada faktor nonteknis seperti motivasi bermain, kita masih kalah,’’ ucap Vita.

Pebulu tangkis kelahiran 1981 itu mengatakan, para pebulu tangkis Indonesia saat ini harus kembali memikirkan motivasi bermain mereka. ’’Seperti dulu, kami bermain membela nama Indonesia, bukan sekadar membawa target pribadi. Terlebih, saat ini pebulu tangkis muda sudah punya fans yang banyak, padahal secara prestasi belum terlihat,’’ ujarnya. (mat/c19/nur)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? SUDAH SAATNYA: Vita Marissa (kiri) saat berpasanga­n dengan Komala Dewi kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS SUDAH SAATNYA: Vita Marissa (kiri) saat berpasanga­n dengan Komala Dewi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia