Jawa Pos

Hari Ini Polres Sidoarjo Launching SKCK Online

Dihadiri Kapolri dan Men PAN-RB

-

SIDOARJO – Jajaran kepolisian memang dituntut terus membuat terobosan inovasi demi peningkata­n pelayanan masyarakat. Polres Sidoarjo, misalnya. Hari ini mereka akan meluncurka­n pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) secara

Dengan SKCK online itu, masyarakat pun tidak ribet lagi. Masyarakat tidak perlu bolak-balik dari rumah ke kantor kepolisian. Apalagi, nanti juga ada layanan jemput bola untuk melayani pengurusan SKCK tersebut. Kabarnya, layanan itu baru kali pertama di Jatim.

Program inovasi tersebut akan di-launching di Mapolres Sidoarjo pada hari ini (1/9) pukul 15.00

Bahkan, rencananya, acara itu dihadiri Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Menteri Pendayagun­aan Aparatur Negara dan Rerformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Asman Abnur.

Kapolres Sidoarjo AKBP Muhammad Anwar Nasir menyatakan, terobosan tersebut merupakan upaya menjalanka­n perintah pimpinan. SKCK online sesuai program prioritas Kapolri. Yakni, meningkatk­an pelayanan publik yang lebih mudah dan berbasis teknologi. ’’Harus mudah, profesiona­l, modern, dan tepercaya,’’ katanya saat uji coba SKCK online kemarin (31/8).

Anwar mengungkap­kan, SKCK online itu akan mempermuda­h masyarakat. Sebab, proses pengurusan menjadi lebih praktis dan cepat. Sebelumnya, dibutuhkan waktu sekitar satu pekan. Nah, dengan program tersebut, prosesnya hanya beberapa menit. ’’Sebentar, maksimal 30 menit sudah jadi,’’ ujar mantan Kapolres Nganjuk itu.

Menurut dia, masyarakat juga tidak perlu lagi membawa persyarata­n yang ribet saat proses pengurusan SKCK. Misalnya, rekomendas­i dari perangkat desa setingkat RT, RW, dan kelurahan saat mengajukan permohonan. Dengan inovasi baru itu, sekarang tidak usah. Cukup mengunjung­i website www.skckonline­sidoarjo.net. ( selengkapn­ya lihat grafis)

Dengan database itu, pihaknya bisa langsung mendeteksi masyarakat yang memiliki catatan kepolisian di berbagai satuan fungsi. Misalnya, reskrim, reskoba, sabhara, dan satlantas. ’’Kalau tidak punya catatan, pasti akan kosong,’’ tuturnya.

Dia menjelaska­n, data yang dimiliki polisi juga terkoneksi dengan Dinas Kependuduk­an dan Catatan Spilil (Dispendukc­apil) Pemkab Sidoarjo. Dengan demikian, keaslian e-KTP milik pemohon SKCK online juga dapat dipastikan. ’’Nantinya, juga ada mobil keliling untuk pelayanan SKCK online,’’ ungkap perwira asal Makassar tersebut. (edi/c20/hud)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? MEMPERMUDA­H LAYANAN: Petugas Polres Sidoarjo melakukan uji coba pembuatan SKCK secara online kemarin. Foto kiri, mobil keliling yang akan melayani pengurusan SKCK dengan sistem jemput bola.
BOY SLAMET/JAWA POS MEMPERMUDA­H LAYANAN: Petugas Polres Sidoarjo melakukan uji coba pembuatan SKCK secara online kemarin. Foto kiri, mobil keliling yang akan melayani pengurusan SKCK dengan sistem jemput bola.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia