Jawa Pos

Trump Tuding Merkel Salah Langkah

Tiongkok Sebut One China Policy Tak Bisa Ditawar

-

WASHINGTON – Kian mendekati hari pelantikan, Donald Trump, presiden terpilih AS, membeber kebijakan luar negerinya. Dalam wawancara dengan media Inggris dan Jerman, tokoh 70 tahun tersebut banyak membahas Kanselir Angela Merkel. Bersamaan dengan itu, Tiongkok memperinga­tkan Trump tentang One China Policy.

”Sampai saat ini, Merkel masih menjadi pemimpin paling penting di Eropa,” kata Trump sebagaiman­a dirilis harian Bild kemarin (16/1). Namun, pengganti Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama itu mengkritik kebijakan Merkel soal imigran. Sebagai sosok yang tidak ramah imigran, Trump menganggap Merkel telah salah langkah dengan membiarkan banyak imigran masuk Jerman.

”Mempersila­kan lebih dari 1 juta imigran masuk wilayahnya adalah kesalahan Merkel yang paling fatal,” ucap pebisnis asal Manhattan tersebut. Tapi, bukan hanya bagi Jerman, isu imigran memang menjadi masalah besar bagi negara-negara Uni Eropa (UE) yang lain. Inggris misalnya. Menurut Trump, Brexit alias keluarnya Inggris Raya dari Uni Eropa adalah dampak terbesar krisis imigran tersebut.

”Andai UE tidak mengharusk­an negara-negara anggotanya menampung imigran dalam jumlah besar berikut masalah-masa- lahnya, saya yakin tidak akan pernah ada Brexit,” ungkapnya kepada The Times. Karena itu, Trump bakal menerapkan aturan imigrasi superketat di AS sebagai salah satu cara menangkis masalah. Dia berjanji menerapkan kebijakan yang menuai banyak protes itu pada hari pertama pemerintah­annya.

Di sisi lain, Beijing mengkritik rencana Trump untuk menegosias­ikan Kebijakan Satu Tiongkok ( One China Policy). Jubir Kementeria­n Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying menegaskan bahwa kebijakan yang berjalan sejak 1979 itu tidak bisa ditawar lagi.

”Siapa pun yang berusaha menawarnya akan menghadapi perlawanan dan bisa ditembak kakinya,” kata Hua. (AFP/Reuters/BBC/hep/c10/sof)

 ?? EVAN VUCCI/REUTERS/POOL ?? GELADI: Sersan Mayor Greg Lowery (kiri) berperan sebagai Donald Trump dan Kopral Sara Corry sebagai Melania Trump dalam latihan parade kemarin untuk inaugurasi di Washington.
EVAN VUCCI/REUTERS/POOL GELADI: Sersan Mayor Greg Lowery (kiri) berperan sebagai Donald Trump dan Kopral Sara Corry sebagai Melania Trump dalam latihan parade kemarin untuk inaugurasi di Washington.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia