Jawa Pos

Pesawat Latih Terbakar, Pilot Selamat

Solo Flight di Atas Bandara Blimbingsa­ri

-

BANYUWANGI – Kecelakaan pesawat terjadi di Bandara Blimbingsa­ri kemarin. Sebuah pesawat latih jenis Cessna 172 S milik sekolah pilot Mandiri Utama Flight Academy (MUFA) mendarat darurat, lalu terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden pukul 10.17 tersebut. Pilot pesawat selamat dari maut setelah melompat melalui pintu pesawat. Terbakarny­a pesawat latih dengan nomor lambung PK MU itu sempat mengejutka­n dan menjadi tontonan warga sekitar bandara.

Agus Kusairi, 39, salah seorang warga, yang bekerja di sekitar bandara mengungkap­kan, sebelum terbakar, pesawat tersebut terlihat oleng dan terbang tidak seperti biasa. Begitu oleng, pesawat itu berusaha terbang rendah dan mendarat. Saat mendarat di runway, pesawat tersebut sudah mengeluark­an asap hitam tipis.

Tidak berselang lama, bagian depan pesawat terbakar serta mengeluark­an kepulan asap hitam. ”Saya sempat terkejut dan langsung berlari mendekat ke pagar di depan bandara,” ujarnya

Melihat peristiwa itu, pihak bandara langsung mengerahka­n dua mobil pemadam kebakaran. Berselang 10 menit, api berhasil dikuasai dan dijinakkan tim. ”Di ban

dara, se- muanya tampak panik,” kata Agus.

Sayang, warga tidak diperkenan­kan masuk ke area bandara. Sekitar 20 menit kemudian, sejumlah pejabat datang ke lokasi. Di antaranya, Kapolsek Rogojampi Kompol Toha Choiri, Koramil Rogojampi, dan komandan pos AL Blimbingsa­ri.

Wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi yang datang tidak diperboleh­kan masuk ke lokasi bandara. Tak pelak, wartawan koran ini hanya mengambil gambar dari luar pagar bandara bersama warga. Tampak mobil ambulans yang keluar dengan kecepatan tinggi.

Pesawat latih milik MUFA tersebut dipiloti salah seorang siswi bernama Regina Marthalia, 19, warga Tangerang. Siswi itu tengah melakukan solo flight atau terbang seorang diri tanpa instruktur.

Untung, korban mengalami luka ringan di bagian kepala. Korban langsung dilarikan ke RSU PKU Muhammadiy­ah, Rogojampi. ”Begitu mendarat darurat dan sadar pesawatnya tidak stabil, dia langsung meloncat dari pesawat,” ujar salah seorang pekerja bandara yang enggan disebutkan namanya.

Karyawan bandara tersebut mengaku, tidak ada suara ledakan. ”Hanya kebakaran hebat yang melalap bagian depan pesawat.”

Setelah berhasil memadamkan api, petugas bandara langsung mengevakua­si badan pesawat. Mereka sibuk mengangkut badan pesawat itu, lalu memindahka­nnya keluar dari landasan. (ddy/aif/c5/end)(ddy/aif/c5/e

 ?? GRAFIS: DAVID PRASETYO/JAWA POS ??
GRAFIS: DAVID PRASETYO/JAWA POS
 ?? JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? BODI PESAWAT HANCUR: Pesawat latih yang jatuh tampak masih mengepulka­n asap karena terbakar.
JAWA POS RADAR BANYUWANGI BODI PESAWAT HANCUR: Pesawat latih yang jatuh tampak masih mengepulka­n asap karena terbakar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia