Jawa Pos

Sepuluh Tahun Baru Berbuah

Kurma Bisa Tumbuh di Jember

-

JEMBER – Lazimnya, pohon kurma tumbuh di daerah panas seperti di Timur Tengah. Namun, di Jember ada pohon kurma yang tumbuh subur dan sudah berbuah. Diperlukan waktu lama untuk menunggu buah kurma ini.

”Awalnya bapak saya tidak sengaja menanam. Selepas pulang haji, biji kurma oleh-oleh dari Makkah yang dibuang ternyata tumbuh sendiri,” ujar Yuli Zainatul Hasanah, 38, putri sulung Haji Suripto, pemilik pohon kurma.

Pohon kurma tersebut tumbuh kukuh tepat di samping toko yang ada di pekarangan rumah Suripto di Jalan M.H. Thamrin, Dusun Ajung Kulon, Jember.

Yuli menuturkan, ayahnya pulang dari ibadah haji pada 2007. Di antara banyak biji kurma yang dibuang di sekitar pekarangan rumah, beberapa tumbuh. ”Tapi, yang tumbuh sampai besar cuma satu. Yang lainnya mati, akhirnya kami cabut saja,” tutur Yuli.

Sementara itu, Suripto, pemilik kurma, menuturkan bahwa tidak ada perawatan khusus pada pohon agar bisa tumbuh dan bertahan hingga hampir sepuluh tahun tersebut. ”Rumput disiangi itu juga baru beberapa bulan terakhir. Dikasih pupuk juga baru sekitar empat bulan terakhir,” katanya. Pupuk yang diberikan adalah pupuk jenis ZA, sisa dari sawah milik Suripto.

Sekitar dua bulan yang lalu dia juga menyiram sebotol kecil air zamzam ke pohon kurma tersebut. ”Karena keluarga ada yang umrah, bawa banyak air zamzam.”

Meski dapat bertahan hingga sepuluh tahun, pohon kurma di rumah Suripto memang tidak tumbuh seoptimal di daerah asalnya. ”Ini pertama berbuah. Sudah muncul sejak tiga atau empat bulan lalu. Tidak banyak, paling cuma 200-an buah,” ungkapnya. (mg/hdi/c10/end)

 ?? ADI FAIZIN/JAWA POS RADAR JEMBER ?? SPESIAL: Satu-satunya pohon kurma milik Haji Suripto.
ADI FAIZIN/JAWA POS RADAR JEMBER SPESIAL: Satu-satunya pohon kurma milik Haji Suripto.
 ?? ADI FAIZIN/JAWA POS RADAR JEMBER ?? KURMA MUDA: Siap panen.
ADI FAIZIN/JAWA POS RADAR JEMBER KURMA MUDA: Siap panen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia