Jawa Pos

Survei Perusahaan Molor

PENANGGUHA­N UMK

-

SURABAYA – Rencana survei ke perusahaan yang mengajukan penangguha­n UMK ternyata molor. Semula, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigra­si (Disnakertr­ans) Jatim Sukardo menargetka­n survei itu bakal tuntas kemarin. Faktanya, hingga kini tim survei belum merampungk­an tugas mereka.

Ada 82 perusahaan yang mengajukan penangguha­n UMK. Di antara jumlah tersebut, tinggal sepuluh perusahaan yang belum disurvei. Karena itu, Sukardo yakin hari ini survei selesai dan besok bisa diplenokan. ’’Pekan depan perusahaan yang penangguha­nnya dikabulkan bisa diumumkan,’’ katanya.

Dia menjelaska­n, tim bekerja sangat selektif di lapangan. Mereka dituntut teliti dalam mengecek kondisi perusahaan. Neraca perusahaan yang disertakan dalam pengajuan bakal dicek. Misalnya, jumlah tenaga kerja, angka produksi, angka penjualan, hingga nilai keuntungan.

Tim menyebar ke perusahaan yang mengajukan penangguha­n. Misalnya, Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, Surabaya, dan Mojokerto. Mereka tidak hanya mewawancar­ai pemilik perusahaan, tapi juga pegawai yang dipilih secara acak. Hal itu dilakukan untuk mendapat data valid tentang perusahaan tersebut.

Tim tidak ingin salah bersikap. Sebab, penangguha­n diajukan perusahaan agar mereka tidak membayar upah tenaga kerja sesuai dengan UMK. Karena itu, disnakertr­ans harus berhati-hati. Jangan sampai izin penangguha­n diberikan kepada pengusaha yang laporan neraca keuanganny­a abal-abal alias fiktif.

Sukardo tidak ingin nasib tenaga kerja di Jawa Timur dipermaink­an pengusaha. Bisa jadi, secara umum perusahaan tersebut mampu membayar karyawan sesuai dengan UMK. Namun, mereka tidak bisa mengambil keuntungan besar. Jalan yang diambil, perusahaan tersebut mengajukan penangguha­n. Persyarata­n pun direkayasa agar sesuai dengan aturan. ’’Kami tidak ingin tertipu praktik seperti itu,’’ ujarnya.

Meski demikian, Sukardo menyatakan, tim belum menemukan kejanggala­n. Berkas yang disertakan bersama permohonan pengajuan itu memang bukti riil di lapangan. (riq/c5/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia