Jawa Pos

Unair Ubah Mekanisme, UKT UINSA Rendah

-

SELAIN kuota SNM PTN, ada beberapa perubahan lain berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru. Salah satunya, Universita­s Airlangga (Unair) berencana mengubah mekanisme pembayaran uang kuliah tunggal ( UKT) kategori VI. Yakni, memperbole­hkan mahasiswa membayar UKT VI pada awal kuliah untuk meringanka­n beban pembayaran per semester.

”Orang tua bisa membayarka­n beban per semester di awal saat mahasiswa masuk kuliah. Mekanismen­ya dengan membayar separo beban UKT setiap semester selama kuliah,” ungkap Rektor Unair Mohammad Nasih saat konferensi pers di lantai 4 ruang rektorat kemarin (16/1).

Dengan mekanisme itu, setiap semester mahasiswa UKT kategori VI bisa membayar dengan besaran serupa UKT kategori III. Nasih mengatakan, ide itu dicetuskan setelah Unair mengevalua­si pembayaran UKT 2016. ”Ada beberapa mahasiswa dari UKT VI yang meminta keringanan UKT pada semester berikutnya karena masalah finansial orang tua. Untuk itu, sistem pembayaran di muka dicoba,” jelas guru besar FEB Unair itu.

Meski begitu, Nasih menampik bahwa sistem itu dilakukan Unair agar tidak merugi. Sebab, berdasar data per tahun, mahasiswa dengan UKT kategori VI hanya 1 persen dari total mahasiswa yang diterima. Di Unair, mayoritas mahasiswa merupakan kategori III. ”Jadi, misal di kedokteran, yang terkena kebijakan ini hanya satu atau dua mahasiswa,” tuturnya.

Nasih menegaskan, penerapan kebijakan tersebut dalam mekanisme UKT 2017 bersifat tidak wajib. ”Sekali lagi, ini langkah antisipasi yang dilakukan Unair,” jelasnya.

Sementara itu, Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya ( UINSA) yang selama ini menerapkan UKT rendah berusaha mempertaha­nkan komitmen. Pada rapat bersama para dekan pekan lalu, mereka juga membahas besaran biaya kuliah yang harus dibayar calon mahasiswa baru tahun ini. ”Kami upayakan tidak naik secara signifikan,” ujar Rektor UINSA Prof Abd. A’la.

Ada tiga golongan UKT yang diterapkan UINSA. UKT 1 untuk mahasiswa dari keluarga berkemampu­an rendah. Besarannya Rp 0–Rp 400 ribu. UKT 2 untuk mahasiswa dari keluarga berkemampu­an rata-rata dengan biaya Rp 400 ribu–Rp 1,8 juta. Sementara itu, UKT 3 untuk mahasiswa dari keluarga berkemampu­an tinggi. Nilai UKT-nya Rp 1,8 juta–Rp 2,9 juta.

Menurut A’la, hasil keputusan biaya UKT tahun ini masih menunggu kepastian dari Kementeria­n Agama. Pihak UINSA telah mengirimka­n usulan. Besaran biaya bisa diketahui sebelum pengumuman SNM PTN.

Tahun ini UINSA rencananya menambah jurusan baru. Yakni, program studi ilmu hukum. ”Harapannya, pada SBM PTN nanti sudah bisa dibuka,” imbuhnya. (ant/elo/c6/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia