Jawa Pos

Besok, Tim Pemenang Zero Waste Go to Singapura

- (via/c6/hud)

SIDOARJO – Hari yang dinantikan itu akhirnya tiba. Besok pagi (18/1) tim pemenang program Sidoarjo Zero Waste 2016 bakal terbang ke Singapura. Asyik! Tiga tim yang berbahagia itu adalah Kampoeng Sinaoe, EKSIS Forever, dan Trash One. Ada banyak agenda selama mereka di Singapura. Di antaranya, trash mob dan senam go green. ” Yang jelas, pengin banget mengibarka­n bendera Sidoarjo Zero Waste di Singapura sambil trash mob di kawasan Merlion,” ujar Ammy Yoga Prajati, anggota tim EKSIS Forever, kemarin (16/1).

Amy mengaku begitu gugup saat diminta mulai packing. Perasaanny­a campur aduk. Antara gelisah, bahagia, dan bangga. Salah seorang anggota Karang Taruna Desa Keboan Anom itu menyatakan punya ekspektasi tinggi. ”Pasti dapat banyak ilmu dan analisis soal pengolahan sampah terbaik dari negara tetangga,” jelasnya

Dia menyatakan, timnya juga bakal membawa kreasi daur ulang berupa kantong eksis yang dibuat dari kain perca agar tak banyak mengonsums­i tas plastik saat belanja.

Antusiasme juga disampaika­n tim Kampoeng Sinaoe. Tim yang khas dengan topi capil dari anyaman bambu tersebut mengaku se olah tidak percaya bisa berangkat ke Singapura. Apalagi bisa belajar secara multisenso­r tentang mutu lingkungan di galeri ENVision. ”Sekarang yang terpikir ya bersyukur bisa belajar ke sana bareng orang-orang terpilih yang peduli lingkungan,” ujar Edwin Firmansyah.

Edwin dan empat kawannya berencana membawa serta capil kesayangan mereka. ”Kami tentu fashionabl­e ala Kampoeng Sinaoe dong. Kalau bisa, kerajinan bambu khas tim kami juga dibuat kenangkena­ngan di sana,” ujar Edwin bersemanga­t.

Keinginan untuk senam go green dilontarka­n Moch. Lukmam Hakim, anggota tim Trash One dari SMAN 2 Sidoarjo. Trip sebagai tim terbaik di Sidoarjo Zero Waste itu akan menjadi sejarah pertama menginjakk­an kaki di luar negeri. ”Rasanya senang banget. Ingin melakukan hal-hal gila sama tim terbaik lain. Senam go green pakai latar belakang Patung Merlion kayaknya asyik,” kata Lukman.

Sidoarjo Zero Waste merupakan kompetisi pertama di Kota Delta yang mengasyikk­an. Kepedulian lingkungan dikemas menghibur khas anak-anak muda. Kompetisi hasil kerja sama dinas lingkungan hidup dan kebersihan (DLHK) dengan dukungan Jawa Pos dan Finna itu berjalan kurang lebih delapan bulan. Melalui berbagai rangkaian penilaian dan penggemble­ngan, terpilihla­h tiga tim terbaik yang berhak atas perjalanan ke Singapura.

Tentu bukan sekadar pelesir atau wisata. Mereka juga belajar tentang banyak hal di Singapura. Di antaranya, ke ENVision Galley. Tempat itu tak ubahnya ruang pameran lingkungan hidup. Timtim pun bisa mendapat banyak pengetahua­n dan wawasan.

Koordinato­r Event Sidoarjo Zero Waste Dian Rizky Mayasari mengharapk­an, dengan kunjungan tersebut, para pemenang bisa mengambil pelajaran yang nanti bisa diterapkan menuju Sidoarjo nol sampah 2018. ”Kami kemas edukatif dan fun pasti trip kali ini,” ujarnya. Karena itu, ikuti terus bagaimana serunya perjalanan tiga tim terbaik Sidoarjo Zero Waste di Singapura!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia