Jawa Pos

Picu Pungutan Gila-gilaan

Permendikb­ud 75/2016 Sebaiknya Direvisi

-

JAKARTA – Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikb­ud) No 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah dikritisi Indonesia Corruption Watch (ICW). Pelaksanaa­n aturan yang belum genap sebulan itu sebaiknya ditunda atau direvisi.

Permendikb­ud tersebut berpotensi memicu pungutan yang gila-gilaan di jenjang SMA dan SMK. Sebab, di dalam peraturan itu ditegaskan bahwa komite di semua jenjang sekolah tidak boleh melakukan pungutan. Sementara itu, pemerintah masih membolehka­n pungutan di jenjang SMA dan SMK.

’’Otomatis nanti pihak sekolah menetapkan pungutan di SMA dan SMK tanpa persetujua­n komite. Tidak akan terkontrol,’’ kata Koordinato­r Monitoring Layanan Publik ICW Febri Hendri kemarin.

Kelemahan lain adalah posisi komite sendiri. Di dalam peraturan itu dinyatakan, jajaran komite ditetapkan oleh kepala sekolah. Artinya, komite menjadi organ di bawah kepala sekolah. ICW berharap komite sekolah ditetapkan oleh dewan pendidikan sehingga benar-benar bersifat independen dan menjadi jembatan aspirasi sekolah dengan masyarakat.

Di Jakarta pernah terjadi kasus kepala sekolah negeri yang mengudeta ketua komite. Sebab, ketua komite tidak bersedia mengucurka­n uang untuk sekolah. Pihak komite beralasan jajaran sekolah belum melayangka­n rencana penggunaan anggaran. ’’Kasus itu terjadi di SMAN 70 Jakarta. Komite memegang uang miliaran,’’ ungkap Febri.

Direktur Eksekutif Article33 Indonesia Santoso menilai, Permendikb­ud 75/ 2016 berpotensi membuat jurang kesenjanga­n sekolah perkotaan dengan pinggiran semakin menganga. Sebab, sekolah di perkotaan memiliki akses lobi-lobi ke perusahaan. Selain itu, banyak alumnusnya yang sukses. ’’Sementara itu, sekolah di desa-desa dapat sumber pendanaan sumbangan atau bantuan dari siapa?’’ katanya.

Staf Khusus Mendikbud Bidang Mo nitoring Implementa­si Kebi jakan R. Alpha Amirrachma­n menjelaska­n, terbitnya permen dikbud tentang komite sekolah itu tidak berarti menihilkan kehadiran negara. Tidak perlu ada kekhawatir­an tentang kesenjanga­n antara sekolah di desa dan kota. Sebab, cost sekolah di pedesaan dan perkotaan berbeda.

Revitalisa­si komite sekolah bertujuan membuka akses bagi masyarakat yang ingin membantu dunia pendidikan. Penggalian bantuan oleh komite tidak semata berwujud uang, tapi bisa jasa dan barang. (wan/c5/ca)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia