Jawa Pos

Senang Kembali ke Klub Masa Kecil

-

MUSIM lalu, ada tiga trisula lini depan yang disoroti. Yakni, Lionel MessiLuis Suarez-Neymar (Barcelona); Karim Benzema-Gareth Bale-Cristiano Ronaldo (Real Madrid); dan Iago AspasJohn Guidetti-Nolito (Celta Vigo).

Sayang, trio yang disebut terakhir harus pecah pada musim ini. Nolito tak kuasa menahan godaan pelatih tersohor Josep Guardiola untuk bergabung di Manchester City. Nolito pindah ke City dengan transfer EUR 18 juta (Rp 255,99 miliar).

Entrenador Celta Vigo Eduardo Berizzo pun sempat khawatir dengan hilangnya Nolito di lini depan mereka. Sebelum hijrah ke City, musim lalu Nolito tampil 29 kali dengan capaian 12 gol dan tujuh assist. Kini peran Nolito dipercayak­an Berizzo kepada Theo Bongonda.

Untung, meski kehilangan Nolito, Aspas bisa menunjukka­n kapasitasn­ya. Hingga 17 laga di La Liga, 11 gol dilesakkan pemain asal Moana tersebut.

’’Berikan bola ke pa da Iago (Aspas) sekalipun itu bola susah, dia akan membuat keadaan menjadi lebih baik. Dia adalah seorang fighter di lini depan,’’ jelas Berizzo sebagaiman­a diberitaka­n Football Espana. Musim ini Aspas memberikan bukti bahwa tanpa Nolito dia bisa memikul beban itu.

Aspas yang dilego Celta pada 2013 ke Liverpool dengan banderol EUR 10,8 juta (Rp 153,59 miliar) mengalami masa sulit. Aspas kalah bersaing dengan Luis Suarez yang saat itu merupakan anak emas arsitek Liverpool Brendan Rodgers. Pada musim 2013–2014, Aspas bermain 14 kali tanpa satu gol pun.

Rodgers pun lantas ’’menyekolah­kan’’ Aspas ke Sevilla pada 2014– 2015. Kondisinya tak lebih baik daripada saat di Liverpool. Dalam semusim, Aspas bermain 16 kali dan hanya membuat dua gol.

Saat Sevilla ingin mematenkan Aspas, Celta tahu pemain asli binaannya tersebut tak nyaman di Sevilla. Karena itu, Aspas kembali ke Stadion Balaidos dengan harga EUR 5,3 juta (Rp 75,37 miliar). Sebagai ucapan terima kasih dikembalik­an ke klub yang dibelanya sejak usia delapan tahun tersebut, Aspas langsung pada musim 2015– 2016. Sebanyak 18 gol plus lima di semua ajuang berhasil dicatatkan­nya. (dra/c5/ham)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia