Jawa Pos

Podium Sebanyak-banyaknya, Menang Sebanyak-banyaknya

-

TEPAT 45 hari setelah juara dunia Formula 1 2016 Nico Rosberg pensiun, akhirnya Mercedes mengumumka­n sosok pengganti. Senin tengah malam WIB (16/1), Mercedes resmi mengikat pembalap Finlandia Valtteri Bottas. Berikut wawancara perdana Bottas setelah menjadi pembalap Mercedes, disarikan dari rilis resmi tim Silver Arrows dan video live wawancara dengan Mercedes.

Kesan pertama setelah resmi direkrut tim terbaik Formula 1 saat ini?

Ini adalah momen yang begitu menyenangk­an. Aku rasa perlu sedikit waktu untuk menyadari bahwa ini benar-benar terjadi. Tentu saja satu lagi mimpi besarku menjadi kenyataan, membalap bersama tim yang memiliki sejarah hebat, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Aku bangga menjadi bagian dari mereka dan merasa tersanjung semua orang di sini percaya dengan skill- ku dan memberiku kesempatan ini.

Sejauh ini, apa yang kamu rasakan ketika masuk ke markas Mercedes?

Aku diterima dengan hangat. Tentu aku bertemu lebih banyak orang (dibandingk­an di Williams) dan wajah-wajah baru untuk diingat. Aku sangat kagum dengan fasilitas yang ada.

Dengan regulasi yang membuat mobil lebih sulit dikendalik­an, apa yang sudah dipersiapk­an?

Aku siap bekerja keras untuk membuktika­n kepada tim dan membuktika­n skill- ku. (Tahun) ini akan menjadi musim yang menantang. Dan, bergabung dengan tim baru membuatku harus bekerja lebih berat dari normal. Tapi, aku siap 100 persen untuk itu.

Ada banyak trofi di sini, kirakira mana yang ingin kamu peroleh?

Melbourne (seri pertama 2017). Bagaimana hubunganmu dengan Lewis Hamilton?

Secara personal, kami tidak punya masalah. Kami sama-sama respek. Kami membalap bersama di kejuaraan yang sama cukup lama. Tapi tetap saja, aku belum mengenalny­a dengan baik.

Apakah kamu merasakan tekanan karena datang ke Mercedes sebagai pengganti Rosberg (juara dunia)?

Tentu aku akan mengisi ’’sepatu yang besar’’ yang ditinggal Nico. (Pewawancar­a kembali bertanya: Apakah ukuran kakimu sama dengan Rosberg?) Tidak, kakiku lebih kecil. Baju yang aku pakai sekarang ini sebenarnya juga untuk Nico. Memang tugasku berat. Apalagi, dia meraih juara dunia tahun lalu sekaligus membawa tim mempertaha­nkan gelar juara konstrukto­r. Namun, seperti yang aku katakan sebelumnya, aku akan melakukan yang terbaik untuk tim ini.

Targetmu di musim pertama. Apakah poin, podium, atau juara?

Tentu semua harus bertahap. Saat ini, aku menargetka­n kemenangan pertamaku, dan itu target jangka pendek. Lalu, aku ingin meraih poin sebanyak-banyaknya, podium sebanyak-banyaknya, dan akhirnya kemenangan sebanyakba­nyaknya. (cak/c17/nur)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia