Jawa Pos

Setelah Produksi, Dapur Harus Bersih

-

MASALAH limbah menjadi perhatian utama pasangan suami istri (pasutri) Rini Eko Suwarni dan Karto. Mereka tidak ingin usaha keripik usus ayam di Desa Keboan Anom, Kecamatan Gedangan, mengganggu tetangga. Rini dan Karto mengakui, limbah dari pembuatan keripik usus berbau menyengat.

Rini menceritak­an, usus mentah yang bakal diolah dalam rumah produksi harus dibersihka­n dari kotoran ayam sampai airnya bening. Dalam sehari, mereka mengolah 200 kilogram usus. ’’Padahal, 5 kilogram usus mentah itu dari 1.000 ekor ayam,’’ katanya.

Karena itu, lanjut dia, jika tak bijak merencanak­an saluran dapur, warga pasti protes masalah bau dan limbah. Perempuan 46 tahun itu sudah beberapa kali ditanya soal limbah rumah produksi.

Sejak usaha tahu krispi dan keripik ususnya berkembang pesat, Rini langsung mengajukan izin produksi secara resmi ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sidoarjo. Usahanya pun telah mengantong­i izin pangan industri rumah tangga (PIRT). Izin itu didapatkan melalui beberapa kali survei.

Semua telah diverifika­si, mulai pemilihan pabrik usus mentah dari rumah potong hewan, kondisi rumah produksi, sampai pembuangan limbah.

Ibu dua anak itu juga terus meng- upgrade dapur produksi. Sejak tahun lalu, dia mengoperas­ikan dapur yang berlokasi di RT 2, RW 2, Desa Keboan Anom. Bangunan berukuran 20 x 9 meter itu terlihat bersih dan rapi. Ada 10 kompor berjajar di ruang penggoreng­an. Kabel regulator gas sengaja didesain tertanam. Kondisi dapur produksi selalu terjaga bersih.

Setiap proses penggoreng­an selesai, seluruh bagian dibersihka­n, yakni dilap dengan kain dan air disinfekta­n. Selain itu, label kemasan dibubuhi plastik tersendiri supaya tintanya tak luntur ke usus goreng.

Ada dapur kotor tersendiri untuk mencuci usus. Ada tiga keran air yang siap mengucur deras untuk mencuci usus mentah sampai bersih. Mereka juga membuat tempat penampunga­n khusus untuk mengalirka­n kotoran dari proses pencucian usus mentah. ’’ Jadi, nggak mencemari sumur yang buat mandi atau sumur tetangga,’’ tambah Karto. (via/c5/dio)

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? RENYAH: Pasar keripik usus ayam merek Tandi telah merambah hampir seluruh wilayah Jawa Timur.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS RENYAH: Pasar keripik usus ayam merek Tandi telah merambah hampir seluruh wilayah Jawa Timur.
 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? BAHAN BAKU PREMIUM: Proses mengaduk tepung, bawang putih, dan usus ayam di dapur.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS BAHAN BAKU PREMIUM: Proses mengaduk tepung, bawang putih, dan usus ayam di dapur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia