Jawa Pos

Sempadan Jalan Pantura ’’Hilang’’

-

GRESIK – Jalan pantura kaya masalah. Selain kawasan jalur Jalan Manyar menuju Sembayat rusak parah, akses Manyar–Panceng bermasalah. Jalan tersebut dilewati kendaraan yang melampaui kelas jalan. Sempadan jalan pun sudah dirampas beragam bangunan. ’’Jika kondisinya seperti itu, jalur pantura tetap rusak meski nanti direkonstr­uksi,’’ kata Kabid Pembanguna­n Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan Nasional (BBPJN) VIII Achmad Subkhi.

Sebagai pengelola jalur itu, BBPJN minta segera dicarikan solusi. Jalur Manyar–Panceng masih berkategor­i jalan kelas III, yakni jalan yang hanya bisa dilalui kendaraan dengan muatan sumbu terberat (MST) 8 ton. Faktanya, rata-rata muatan angkutan barang yang melintasin­ya sudah melebihi 10 ton. Bahkan, angkutan dengan MST lebih dari 20 ton beroperasi di jalur tersebut.

Subkhi menyebutka­n, hingga kini lebar jalur pantura Manyar–Panceng tinggal 7 meter. Itu pun sudah mepet. Seharusnya ada sempadan jalan sehingga ada jarak minimal 12 meter dari as jalan. Kawasan sempadan tersebut nanti digunakan untuk pengembang­an jalan.

Apa masalahnya? Saat ini area sempadan jalan pantura sudah dipenuhi bangunan. Mulai rumah warga, tambak, hingga pergudanga­n dan industri. ’’Akibatnya, kalau mau dilebarkan lagi, sudah sulit,’’ ujarnya.

Hampir semua ruas jalan itu tidak dilengkapi jaringan drainase. Tidak ada lagi sempadan jalan karena sudah hilang. ’’Kami berharap masalah ini juga mulai dipikirkan. Sebab, ke depan, jalur pantura harus diperbaiki total karena menjadi akses penting,’’ tuturnya kemarin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Gresik Bambang Isdianto mengakui, saat ini cukup banyak bangunan yang berdiri di sempadan jalan pantura. ’’Makanya, kami juga sedang mengevalua­si masalah ini dan mencari solusinya,’’ jelasnya. (ris/c14/roz)

 ?? ARIS IMAM/JAWA POS ?? MENYEMPIT: Jalan Raya Manyar menuju Panceng yang menyempit karena hilangnya sempadan jalan.
ARIS IMAM/JAWA POS MENYEMPIT: Jalan Raya Manyar menuju Panceng yang menyempit karena hilangnya sempadan jalan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia