Jawa Pos

Hasil Sentuhan Tangan Ajaib

Tatanan Rambut dan Make-up Praktis

-

SURABAYA – Buang jauh-jauh anggapan gaya rambut sanggul hanya cocok untuk perempuan tua. Dengan tambahan warna dan aksesori, gaya rambut disasak kini semakin diminati. Bentuk yang variatif membuat gaya ini cocok digunakan dalam berbagai macam event. Apalagi, sebentar lagi ada perayaan Tahun Baru Imlek. Pasti banyak acara gathering bersama keluarga maupun teman.

Hal itu diungkapka­n up artist (MUA) Jacky Timurtius dalam workshop yang digelar Persatuan Ahli Kecantikan dan Pengusaha Salon Indonesia ’’ Tiara Kusuma’’ Surabaya di Tril lium Ballroom kemarin (17/1). Jacky mengusung tema The Magic Hand.

Tema tersebut diartikann­ya, tangan memiliki peran penting dalam membuat model rambut. ’’Sisir atau alat sasak itu hanya membantu saja,’’ katanya. Dengan kelihaian tangan, bentuk rambut apa pun dapat tercipta cantik. Membuat model rambut sanggul, misalnya. Sebagian besar proses tata rambut dihasilkan dari sisiran antar jari-jari tangannya. ’’Tata sini, lalu belokkan ke sini. Semua lebih enak menggunaka­n tangan,’’ ungkap MUA langganan artis-artis ibu kota tersebut. Kesan natural juga lebih diperoleh saat menata langsung dengan tangan.

Kedua tangan Jacky tampak lihai. Dua tangannya sibuk menata rambut. Tangan kirinya memegang sisir, lalu tangan kanannya menata rambut bagian depan. Bentuk serong ke kiri, lantas dia memberikan nuansa ombak di sampingnya. ’’Ini salah satu gaya yang simpel tapi juga cocok untuk pesta,’’ katanya. Tidak membutuhka­n waktu lama, Jacky dapat mengubah rambut yang tadinya berbentuk lurus panjang menjadi model sanggul yang cantik.

Dulu sanggul hanya identik dengan tambahan konde yang membuat beban di kepala. Kini warna-warna ombre, lanjut Jacky, semakin diminati saat dikombinas­ikan dengan model sanggul. Warna-warna yang menjadi tren 2017, lanjut dia, terdiri atas silver, pink, gold, biru, dan merah. ’’Orang-orang sudah tampil berani dengan warna-warna mencolok,’’ paparnya sambil mempresent­asikan gaya rambut sanggul.

Selain pencampura­n warna, sanggul akan makin cantik dengan hadirnya headpiece. Tren tersebut seperti kembali ke era 30-an. Misalnya model rambut Marilyn Monroe dan Elizabeth Taylor. ’’Gaya-gaya rambut mereka kini booming lagi tetapi dengan sentuhan modern,’’ tambah Jacky.

Sementara itu, untuk make-up yang bertema oriental, Vina Wijayanti memberikan tip. ’’ Makeup oriental banyak berfokus pada sudut yang agak dramatis di bagian mata. Sementara alisnya dibuat agak tinggi,’’ ucapnya ketika ditemui di M Lounge, Miracle Aesthetic Clinic.

Mata oriental hidup dari polesan eye shadow warna smokey yang dipadukan dengan goresan shading di bawah tulang pipi. Di atas shading, Vina membaurkan blush-on berwarna merah muda dan peach. Tahap akhir, lipstik merah dipoleskan mengikuti bentuk bibir. ’’Untuk tampilan yang lebih elegan, jangan membuat tampilan bibir penuh. Lipstik merah cantik digunakan pada bibir yang dibentuk dengan alami,’’ katanya. (bri/esa/c17/jan)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? MODERN: MUA Jacky Timurtius menggendon­g modelnya setelah menyelesai­kan tutorial sanggul rambut di Trillium Ballroom kemarin.
DITE SURENDRA/JAWA POS MODERN: MUA Jacky Timurtius menggendon­g modelnya setelah menyelesai­kan tutorial sanggul rambut di Trillium Ballroom kemarin.
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? makeNATURA­L SAJA: Vina Wijayanti memberikan tip membuat riasan oriental. Memakai lipstik merah, bentuk bibir tak perlu dibuat penuh.
DIPTA WAHYU/JAWA POS makeNATURA­L SAJA: Vina Wijayanti memberikan tip membuat riasan oriental. Memakai lipstik merah, bentuk bibir tak perlu dibuat penuh.
 ?? GRAFIS: DAVID/JAWA POS ??
GRAFIS: DAVID/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia