Jawa Pos

OSO: Memimpin Partai Tak Perlu Kaku

Lantik DPP Hanura 2016–2020

-

BOGOR – Inaugurasi (pelantikan) pengurus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) sedikit berbeda di bawah kepemimpin­an Oesman Sapta Odang (OSO). Ketua umum Partai Hanura periode 2016–2020 itu tidak lagi menyampaik­an sentuhan formal, tetapi memberikan banyak gurauan dalam pernyataan politiknya.

Seremoni akbar pelantikan pengurus Hanura di bawah kepemimpin­an OSO berlangsun­g di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, kemarin (22/2). Sebanyak 147 pengurus Hanura dilantik secara resmi, termasuk penyerahan simbolis pataka atau bendera Partai Hanura dari Ketua Dewan Pembina Wiranto kepada Oso.

Presiden Joko Widodo bersama mantan Presiden Megawati Soekarnopu­tri hadir langsung dalam pelantikan itu. Ditambah sejumlah menteri dan pimpinan partai politik seperti PDIP, Golkar, Gerindra, Nasdem, PAN, dan PKPI. Tak lupa, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama juga ikut hadir.

Di depan 25 ribu peserta dan tamu, Oso mengawali sambutan dengan memanggil satu per satu pimpinan parpol. Menurut dia, saat ini sudah lazim tokoh partai satu pindah ke partai lain. Semua itu harus disikapi wajar dan tidak perlu berlebihan. ’’Pimpin partai nggak perlu kaku. Pindah partai juga nggak papa. Yang penting demi kepentinga­n negara,’’ ujar mantan ketua umum Partai Persatuan Daerah itu.

Meski baru hitungan bulan memimpin Hanura, OSO bangga dengan kinerja pengurus dan kader. Itu terkait dengan capaian Partai Hanura pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2017. Oso mengklaim Partai Hanura mampu meraih lebih dari 50 persen kemenangan Pilkada 2017. ’’Sebanyak 12 di antaranya adalah kader Partai Hanura,’’ tuturnya.

Tak lupa, Oso juga mengingatk­an kepada kader terkait dengan komitmen politik pada Pemilu 2019. Keputusan DPP Partai Hanura adalah mencalonka­n kembali Presiden Jokowi untuk maju dalam Pemilu Presiden 2019. ’’Keputusan ini bukan terlalu pagi. Sudah ada partai lain yang duluan,’’ kata OSO.

Sementara itu, Jokowi tampak semringah selama berlangsun­gnya acara pengukuhan. Berkali-kali dia tertawa sampai bahunya terguncang-guncang saat OSO menyampaik­an pidato politik dengan gaya kocak. Di sampingnya, Megawati juga tidak kuasa menahan tawa mendengar joke-joke OSO di sela pidato.

Jokowi menyampaik­an selamat atas pengukuhan para pengurus baru DPP. ’’Saya lihat wajahnya cerah-cerah, senyumnya banyak. Semoga itu menjadi semangat bagi Partai Hanura untuk memberikan kontribusi besar bagi negeri ini,’’ ujarnya saat berpidato. Dia juga memuji gaya pidato OSO yang segar sehingga tidak membuat bosan meski durasinya cukup panjang. (bay/byu/c19/fat)

 ??  ?? PARPOL PENDUKUNG: Presiden Joko Widodo (mengenakan batik) menghadiri pelantikan 147 pengurus Partai Hanura di Sentul Internatio­nal Convention Centre (SICC), Sentul, Jawa Barat, kemarin. HENDRA EKA/JAWA POS
PARPOL PENDUKUNG: Presiden Joko Widodo (mengenakan batik) menghadiri pelantikan 147 pengurus Partai Hanura di Sentul Internatio­nal Convention Centre (SICC), Sentul, Jawa Barat, kemarin. HENDRA EKA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia