Jawa Pos

BCA Targetkan Kredit Tumbuh 10 Persen

-

JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memasang target yang cukup konservati­f tahun ini. Proyeksi pertumbuha­n kredit dipatok 10 persen. Sementara itu, Bank Indonesia (BI) memproyeks­ikan pertumbuha­n kredit perbankan 10–12 persen. Tahun lalu pertumbuha­n kredit BCA sekitar 7,7 persen, masih di bawah target perseroan 10 persen. Sedangkan pertumbuha­n kredit secara industri 7,9 persen.

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmad­ja menyatakan, tahun lalu permintaan kredit memang masih sepi, terutama kredit modal kerja. Kendati perseroan telah menaikkan plafon kredit, utilitasny­a masih rendah. Di sisi lain, rasio kredit macet juga ditargetka­n lebih konservati­f. ”Tahun ini target NPL ( 1,7 persen. Biasanya sih tercapai di bawah itu,” ujarnya saat launching inovasi dan produk dalam rangka perayaan HUT Ke-60 BCA di Jakarta kemarin (22/2).

Per Desember 2016, NPL gross BCA sebesar 1,3 persen atau turun tipis daripada September 2016 yang masih di kisaran 1,4 persen. Beberapa sektor pendorong NPL, antara lain, pertambang­an dan galangan kapal. Menurut Jahja, sejauh ini perseroan belum mempunyai strategi khusus untuk mencegah NPL. ”Ya, kami enggak bisa cegah, hanya bisa berhati-hati saja waktu pertama kali menyalurka­n kredit,” ujarnya.

Tahun ini BCA mengincar pertumbuha­n dari sisi infrastruk­tur. Tahun lalu BCA mempunyai beberapa portofolio kredit pada proyek bandara, jalan tol, dan power plant. Tahun ini, menurut Jahja, akan lebih baik jika kredit di sektor infrastruk­tur disalurkan pada proyek komersial dari pemegang saham yang mempunyai kapasitas kuat dalam hal financing. (rin/c10/sof)

 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? nonperform­ing loan) PROMO ANYAR: Jahja Setiaatmad­ja pada peluncuran inovasi dan produk di Jakarta kemarin.
RAKA DENNY/JAWA POS nonperform­ing loan) PROMO ANYAR: Jahja Setiaatmad­ja pada peluncuran inovasi dan produk di Jakarta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia