Jawa Pos

Jangan Merasa Aman

-

ROMA – AS Roma punya modal yang sangat kuat untuk melangkah ke babak 16 besar. Itu didapat setelah mereka mengantong­i kemenangan telak 4-0 atas Villarreal di El Madrigal. Roma bisa terjegal jika Villarreal mampu menang dengan selisih lima gol di Olimpico dini hari nanti.

Bagi sebagian pengamat, mencetak lima gol di Olimpico adalah misi yang mustahil. Namun, Luciano Spalletti tidak sependapat. Arsitek Roma itu menilai Francesco Totti dkk belum sepenuhnya aman. Spalletti meminta pemainnya berkaca pada kekalahan AC Milan di Liga Champions 2004. Ketika itu, Milan mengantong­i kemenangan 4-1 atas Deportivo La Coruna di San Siro. Namun, di leg kedua perempat final, Milan malah dibantai dengan skor telak 0-4. ”Kami menemui laga yang sulit nanti,” kata Spalletti sebagaiman­a dilansir Forza Roma. ”Ada sejarah luar biasa soal Deportivo-Milan. Tentu, kami tahu risikonya,” imbuh pelatih 57 tahun itu.

Namun, Spalletti juga tak memungkiri bahwa Roma bakal menghadapi jadwal yang terjal. Setelah melawan Villarreal, mereka harus menghadapi Inter Milan (26/2), Lazio pada semi- final Coppa Italia (1/3), lalu bersua Napoli dalam lanjutan Serie A (4/3). Karena itu, Roma mungkin tak terlalu ngoyo. Hal tersebut bisa dilihat dari formasi yang akan diturunkan. Yakni, Edin Dzeko, Mohamed Salah, dan Radja Nainggolan tak masuk dalam skuad inti.

Kubu Villarreal juga pesimistis bisa lolos. Hal itu disampaika­n bek Villarreal Jaume Costa. Hanya, dia ingin pasukan kapal selam kuning tetap bermain dengan sepenuh hati. ”Mereka adalah tim hebat yang sudah mencetak banyak gol di

leg pertama,” ujar Costa. Menurut dia, hal yang harus mereka perhatikan adalah bagaimana menghentik­an agresivita­s Roma. Sebab, Roma selalu garang saat bermain di kandang. ”Kami memiliki harga diri dan kami tahu bahwa laga ini sangat sulit,” imbuhnya. (okt/c16/ bas)

 ??  ?? KANS PELAPIS: Aksi bomber AS Roma Stephan El Shaarawy saat menghadapi Crotone di Olympico (21/9).
KANS PELAPIS: Aksi bomber AS Roma Stephan El Shaarawy saat menghadapi Crotone di Olympico (21/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia