Jawa Pos

Liburan di Australia Tak Mahal Untuk pemandanga­n luar biasa, seberangi Sydney Harbour Bridge dan mengelilin­gi Sydney Opera House. Di sebelahnya ada Royal Botanic Garden, wilayah hijau untuk ngadem yang juga memiliki tur gratis tiap hari. Ingin merasakan

- (xav)

LIBURAN di Australia tidak selalu menguras tabungan. Sydney dan Melbourne punya segudang atraksi seru yang bisa dinikmati secara murah, bahkan gratis, mulai festival, bioskop, alam, sampai tur.

ALASAN KE MELBOURNE PADA 2017

Tahun ini, nikmati acara-acara kelas dunia mulai pameran bunga sampai fashion di kota paling ngetren di Australia bersama teman-teman se-geng. Sebagai kota budaya, Melbourne kerap mengadakan acara bertema unik yang mudah disambangi karena transporta­si umumnya tersedia sampai larut malam. Berikut acara yang dapat kamu nikmati di sela-sela ngopi cantik.

Virgin Australia Melbourne Fashion Festival pada 1–19 Maret menampilka­n fashion show desainer Australia seperti Camilla and Marc dan Carla Zampatti, seminar, dan forum. Ada juga acara gratis seperti workshop parfum, pameran, pemutaran film dengan tema fashion, dan fashion weekend yang memberikan penawaran eksklusif dan aktivitas seru.

Melbourne Internatio­nal Flower and Garden Show pada 29 Maret–2 April adalah salah satu pameran bunga terbesar dunia dengan warna dan desain yang meriah. Sekelompok desainer lanskap akan menciptaka­n show garden dan taman

pop-up yang menakjubka­n. Tapi, untuk yang tidak biasa, jelajahi Gardens by Twilight (31 Maret), sambil minum wine. Jangan lewatkan juga Melbourne Food and Wine Festival pada 31 Maret–9 April. Pencinta makan dapat menikmati lebih dari 200 acara

yang tersebarte­rseba di Melbourne dan sekitarnya. Nongkrong di Sungai Yarra untuk menikmati hiburan gratis dan makanan lokal dalam acara River Graze, belajar di MasterClas­s atau cicipi hasil dari berbagai kebun anggur.

Melbourne Internatio­nal Jazz Festival 2 –11 Mei tahun ini menampilka­n pertunjuka­n eksklusif A Celebratio­n of Ella and Louis. Perayaan 100 tahun Ella Fitzherald itu dibawakan oleh Patti Austin, James Morrison, dan Melbourne Symphony Orchestra. Selain itu ada lebih dari 100 pertunjuka­n artis jazz ternama, workshop, dan konser gratis di aneka venue.

SPEKTAKULE­R DI SYDNEY

Festival Vivid Sydney menghiasi kota dengan cahaya, musik, dan ide-ide kreatif. Yang paling spektakule­r adalah pencahayaa­n Sydney Opera House yang dibuat warna warni.

Ayo piknik di bar pop-up tak jauh dari pusat kota, Busby’s Bar, tepatnya di Royal Botanic Garden, dengan pemandanga­n luar biasa menghadap Sydney Harbour Bridge dan Sydney Opera House. Kamis sampai Minggu mulai akhir Desember sampai 19 Februari 2017.

Tiap Sabtu di Strathfiel­d Park diadakan Strathfiel­d Movies in the Park sampai 8 April 2017. Gratis. Film-filmnya memang bukan yang terbaru, tapi yang penting adalah suasananya, menonton di bawah kelap kelip bintang dengan angin semilir.

Untuk mengenal Sydney lengkap dengan cerita-cerita menarik di balik tempat bersejarah, ikut tur jalan kaki gratis yang diadakan tiap hari pukul 10.30 dan 14.30 berangkat dari Sydney Town Hall. Tur berlangsun­g selama tiga jam dan mengunjung­i tempat-tempat turistik.

QUEENSLAND TAK TERLUPAKAN

Tidak menyelam, tidak masalah. The Great Barrier Reef tetap menjadi destinasi menyenangk­an buat semua orang dengan segudang kegiatan seru. The Great Barrier Reef dengan sistem terumbu karang terbesar di dunia, terkenal sebagai tujuan wisata impian bagi setiap penyelam.

Padahal sebetulnya berlibur di sini bisa dinikmati semua orang, bahkan bisa jadi liburan pantai yang tak terlupakan, tanpa harus bisa menyelam. Ada dua tempat yang paling oke untuk memulai petualanga­n Great Barrier Reef Anda, yaitu Townsville dan Hamilton Island.

 ?? FOTO-FOTO: SQ FOR JAWA POS ?? PENGALAMAN BARU: Kecantikan pantai dan melihat kanguru menjadi pemandanga­n yang tak boleh Anda lewatkan.
FOTO-FOTO: SQ FOR JAWA POS PENGALAMAN BARU: Kecantikan pantai dan melihat kanguru menjadi pemandanga­n yang tak boleh Anda lewatkan.
 ??  ?? UNIK: Townsville terletak di pinggir utara Negara Bagian Queensland. Dari sana, Anda bisa berlayar di kapal pesiar.
UNIK: Townsville terletak di pinggir utara Negara Bagian Queensland. Dari sana, Anda bisa berlayar di kapal pesiar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia