Jawa Pos

Lebih Mancung dan Lebih Agresif

Force India Rilis VJM10

-

SILVERSTON­E – Satu per satu tim Formula 1 membuka selubung mobil baru mereka. Tadi malam Force India meluncurka­n senjata untuk mengarungi musim balap 2017, VJM10. Dengan penantang baru ini, skuad yang tahun lalu finis di posisi keempat klasemen konstrukto­r itu berambisi mempertaha­nkan prestasiny­a.

Pada line pembalap, Force India kedatangan satu darah muda yang tampil cemerlang tahun lalu. Dia adalah Esteban Ocon, pembalap binaan akademi balap Mercedes. Pembalap 20 tahun tersebut akan menjadi tandem rekan setimnya yang juga mencapai prestasi terbaiknya musim lalu, Sergio Perez.

Menurut pemilik tim Vijay Mallya, mempertaha­nkan level performa tim seperti musim lalu adalah tugas berat sekaligus tantangan. Dia berjanji bahwa timnya secara simultan melakukan pengembang­an mobil sepanjang musim agar tetap mampu bersaing dengan tim-tim papan atas. ’’Aku tidak ingin memancang target, selain mempertaha­nkan momentum hebat kami tahun lalu dan membawanya memasuki musim baru ini,’’ tuturnya, sebagaiman­a dilansir Crash.

Mallya menjelaska­n, VJM10 akan sangat berbeda dari uji coba postseason di Barcelona tahun lalu. Pada sisa musim dingin ini, timnya terus bekerja agar sejak seri pertama di Melbourne Maret nanti, dua pembalapny­a bisa langsung memberikan kejutan pada tim-tim besar lainnya.

Dari tampilan luar, VJM10 terlihat agresif di beberapa titik. Khususnya pada sayap belakang dan bentuk hidung. Berbeda dengan mobil tahun lalu, sayap belakang tampak lebih aerodinami­s dengan bentuk meruncing di bagian belakang.

Selanjutny­a, bentuk thumb nose pada hidung depannya. Sama seperti tiga mobil lainnya yang sudah dirilis seperti Williams, Sauber, dan Renault, bentuk tersebut tetap dipertahan­kan. Namun, milik VJM10 lebih memanjang ke belakang. Terlihat lebih agresif dibandingk­an dengan tim-tim lainnya. (cak/c18/tom)

 ?? FOTO: FORCE INDIA - GRAFIS: HERLAMBANG/JAWA POS ?? PERTAHANKA­N PERFORMA: Pembalap Force India Sergio Perez (kiri) dan Esteban Ocon membuka selubung VJM10 saat peluncuran mobil baru di Silverston­e, Inggris, kemarin WIB.
FOTO: FORCE INDIA - GRAFIS: HERLAMBANG/JAWA POS PERTAHANKA­N PERFORMA: Pembalap Force India Sergio Perez (kiri) dan Esteban Ocon membuka selubung VJM10 saat peluncuran mobil baru di Silverston­e, Inggris, kemarin WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia